Foto: Berang-berang Bantu Nelayan Bangladesh Tangkap Ikan

shares

Berang-berang saat membantu nelayan menangkap ikan.
SAUNG99 - Menangkap ikan bisa dilakukan dengan beragam cara. Baik itu oleh nalayan atau pemancing. Namun ada hal yang unik yang dilakukan oleh nelayan di selatan Bangladesh. Mereka mendapatkan bantuan dari "teman" kecilnya.

Berang-berang telah menjadi teman bagi nelayan di Bangladesh dalam menangkap ikan, mereka membantu menangkap ikan lebih banyak. Dan cara ini telah dilakukan secara turun temurun.

Berang-berang sedang menyisir kepiting.
Nelayan yang terletak sekitar 130 kilometer dari Bangladesh ini, setiap hari pergi ke sungai dengan sebuah kelompok berang-berang, yang akan menggiring ikan ke dalam sebuah perangkap berupa jaring.

Teknik ini telah diwariskan selama berabad-abad, sehingga nelayan sangat bergantung kepada bantuan teman kecil mereka.

"Tugas kita tergantung kepada berang-berang. Mereka melihat ikan di antara tanaman, lalu mengejar dan menggiringnya ke dalam jaring yang telah kami siapkan," ucap Shashudhar Biswas, salah seorang nelayan di sana.

Berang-berang saat membantu nelayan menangkap ikan.
Cara ini bisa meningkatkan hasil tangkapan. Nelayan bisa membawa pulang puluhan kilogram ikan setiap harinya, temasuk udang dan kepiting. Namun cara ini menangkap ikan dengan berang-berang, telah mengalami penurun hingga 90 persen, dalam 50 tahun terakhir.

Selain itu, populasiikan juga kian menurun, diakibatkan meningkatnya polusi di dalam air sendiri, sehingga ikan sangat sulit untuk berkembang biak.

Petani mengangkat ikan yang tertangkap.
Untuk berang-berang itu sendiri, setiap harinya, untuk satu kelompok yang terdiri dari dua dewasa dan 3 anaknya, menghabiskan ikan sekitar 3-4 kilogram perhari.

Cara menangkap ikan menggunakan metode ini diyakini nelayan akan punah, jika populasi ikan kian surut. Terkadang banyak nelayan yang melepaskan berang-berang-nya, untuk meningkatkan populasi berang-berang itu sendiri.


Sumber
Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment