Hati-hati, Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara

shares

Kanker payudara. sumber
Kanker payudara menjadi ancaman serius bagi wanita, seiring perkembangan kedewasaan. Kanker ini menjadi pembunuh yang cukup tinggi. Namun bukan berarti kanker payudara hanya diderita wanita, pria pun kini harus waspada kanker yang satu ini.

Tapi perkembangan kanker payudara pada pria tidak seperti wanita, namun tetap saja sebagai pria Anda harus waspada. Saat ini diketahui bahwa 1 dari 1.000 pria terancam kanker payudara, tentu saja ini menjadi ancaman yang serius.

Namun demikian, penderita kanker payudara ini masih mengancam mereka yang berumur antara 60-70 tahun, tapi bukan berarti tidak mengancam kaum muda. Untuk melihat tanda-tanda kanker ini pada pria, berikut gejalanya:

1. Benjolan terasa sakit. Tanda awal kanker payudara adalah adanya benjolan yang diiringi rasa sakit. Pada umumnya terdapat di belakang puting dan sekitarnya.  Benjolan ini biasanya dapat dirasakan dengan sentuhan.

2. Pendarahan di payudara. Jika puting mengeluarkan darah, ini harus diwaspadai, karena gejala ini bisa sangat serius. Sebaiknya Anda memerikasakan kepada dokter ahli, untuk penjelasan lebih lanjut lagi.

3. Lemah dan lelah. Seperti halnya kanker pada umumnya, tubuh akan cepat lemah dan lelah. Sel-sel kanker yang berkembang akan menyerap energi lebih banyak, sehingga tubuh cepat merasakan dehidrasi.

4. Kehilangan berat badan dan nafsu makan. Jika tubuh Anda turun secara drastin, diiringi dengan nafsu makan yang berkurang, Anda perlu waspada. Tubuh akan kehilangan banyak nutrisi, dan tidak bermetabolisme dengan baik. Anda perlu segera mengunjungi dokter ahli.

5. Gangguan fungsi tubuh. Kanker yang menyebar cepat ke seluruh tubuh, akan mengganggu fungsi organ lainnya. Salah satunya adalah mengganggu fungsi prostat dan hati. Dan pada stadium ini bisa jadi kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Untuk itu, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hindari makanan yang mengandung karsigenik, seperti gorengan dan makanan yang terlalu matang.

Boldsky

Related Posts

1 comments

  1. Jadi pria juga harus waspada ya. Pria yang obesitas juga berisiko terkena kanker payudara, apalagi jika di keluarga ada riwayat yang pernah terkena.

    ReplyDelete