40 Tahun Berselang, Perang Vietnam Masih Menyisakan Duka

shares

Anak-anak cacat dipanti asuhan.
SAUNG99 - Perang selalu membawa duka yang mendalam, baik itu bagi keluarga militer atau warga sipil.Meskipun perang sudah berakhir, penderitaan akibat perang selalu terbawa hingga beberapa generasi berikutnya.


Seperti perang yang terjadi di Vietnam, walaupun sudah berakhir tahun 1971, tapi banyak anak-anak yang lahir dengan cacat fisik dan penyakit mematikan lainnya. Lebih dari 40 tahun berselang, namun masih menyisakan kesedihan yang mendalam.

Pada waktu perang berlangsung, pasukan militer Amerika Serikat menggunakan bahan kimia berbahaya yang disemprotkan pada tanaman dan pohon. Terutama yang terjadi di pedesaan di Vietnam Selatan, di mana banyak keluarga yang masih bergantung dari alam.



Anak yang terlahir dengan kelainan.
Seorang jurnalis lepas di Bangkok mengatakan, "sangat sedih melihat ini semua, saya mengunjungi panti asuhan yang masuk dalam wilayah perang waktu itu. Dan saya melihat pemandangan yang miris dan menyayat hati."

Pada waktu itu, Amerika menyebut serangan yang diberi nama "Agen Oranye", di mana herbisida dan defoliants digunakan oleh pasukan AS untuk program senjata kimia selama tahun 1961-1972.



Anak yang terlahir dengan kelainan.
Selama 10 tahun tersebut, sekitar 20 juta galon bahan kimia ditebar di Vietnam, Laos dan Kamboja, dalam upaya memberantas gerilyawan yang bersembunyi di hutan-hutan.

Dan hasilnya beberapa penyakit terpapar akibat kimia ini, di antaranya adalah, beberapa jenis kanker, diabetes tipe 2, cacat lahir pada anak-anak, hingga kelainan saat kehamilan.

Perang memang sangat kejam!!!

Bagikan artikelnya, dan klik tombol G+ nya

Sumber


Related Posts

2 comments:

  1. sekarang amerika dan vietnam sudah menjadi hopeng, kasihan para korban tersebut.

    ReplyDelete
  2. Betapa busuknya para pemimpin amerika...!!!
    Satu kata untuk amerika, Fuck U amerika...!!!

    ReplyDelete