NASA Temukan Planet Mirip dengan Bumi

shares

Planet Kepler 186f.
SAUNG99 - Selama beberapa dekade, astronom telah mencari planet di luar tata surya kita yang menunjang kehidupan. Dan sekarang, mereka mengumumkan telah menemukan planet yang ukurannya 1,1 kali lebih besar dari Bumi.

Planet tersebut berjarak sekitar 490 tahun cahaya, dan disebut dengan Kepler 186f. Planet ini memiliki karakteristik seperti  Bumi, di mana terdapat cairan serta jarak dari bintangnya sangat cocok untuk kehidupan.



Sistem tata surya planet Kepler 186f.
Tim astronom yang dipimpin oleh Elisa Quintana dari SETI Institute di NASA, menemukan planet ini melalu teleskop NASA Kepler. Teleskop tersebut digunakan untuk menemukan planet-panet di luar tata surya kita yang cocok untuk kehidupan.

Penemuan Kepler 186f ini merupakan kemajuan besar astronomi dalam berburu planet. Dan kemungkinan planet tersebut sudah berpenghuni sangat besar. Mengingt jarak dan kondisi planet yang disinyalir mirip dengan Bumi saat ini.

Planet ini mengorbit pada sebuah bintang yang agak redup dari matahari, namun jaraknya sangat pas untuk planet ini memiliki air.

Namun untuk melihat lebih jauh keadaan planet ini, diperlukan teleskop yang lebih canggih. Dan NASA rencananya akan mengorbitkan Teleskop yang diberi nama James Webb pada tahun 2018 mendatang. Sehingga akan diketahui karakteristik planet tersebut lebih jauh lagi.


Klik G+ dan Share artikelnya :)

Sumber
Loading...

Related Posts

1 comments

  1. SubhanaALLAH...bisa planetgrasi nantik...wkwkkwk...kapan ya realisasi nya..??

    ReplyDelete