Ukuran Bertambah Besar, Tikus Pun Bertambah Pintar

shares

Tikus saat memakan umpan di perangkap.
SAUNG99 - Tikus menjadi hama bagi manusia, dengan air seninya, kita bisa terinfeksi penyakit leptospirosis. Oleh sebab itu, perburuan tikus banyak dilakukan. Namun, populasi tikus sendiri bertambah banyak, terutama di perkotaan.


Bukan hanya banyak, ukuran dan kecerdasan tikus pun bertambah. Hal ini dibuktikan oleh seorang pengendali hama di London, Tony Margiocchi, dengan memberikan umpan pada perangkap tikus. Ia mengintai tikus yang ukurannya terbilang besar, yakni 18 centimeter.

Ia juga mengabadikan bagaimana tikus memakan umpan dan meninggalkan perangkap tanpa penyentuhnya, dalam bidikan kamera. Padahal ia memberikan umpan yang mungkin tidak akan ditolak oleh tikus, yakni sardines.

Dengan waktu singkat, umpan tersebut habis, sementara perangkapnya tidak bergerak sama sekali. Ini tentu menjadi masalah bagi kota-kota besar dalam membasmi tikus, dan tentunya perlu inovasi yang lebih baik lagi, agar tikus bisa dijebak dalam perangkap.

"Ketika tikus mendekati perangkap, mereka sangat berhati-hati untuk mengambil umpan, dan pergi secepat kilat," ucap Tony.

Perkambangan tikus di kota-kota besar memang sangat sempurna, banyaknya sampah yang dihasilkan membuat mereka bisa memakan apapun juga, dari limbah yang kita hasilkan.

Setiap orang bertanggung jawab akan perkembangan tikus ke ukuran yang besar dan cerdas ini.  

Sumber
Loading...

Related Posts

1 comments

  1. betul sekali gan tuh tikus makin lama makin pintar identik dengan koruptor juga makin lama makin tamnah banyak akalnya

    ReplyDelete