Salah Perhitungan, Pembuatan Oasis Buatan Jadi Padang Pasir

shares

Padang pasir akibat kesalahan pembangunan.
SAUNG99 - Pengembang di Zhegzhou provinsi Henan, China telah membuat salah perhitungan dalam pembangunan oasis. Rencananya mereka akan membuat oasis buatan yang hijau, dengan mengeruk pasir di sekotar sumber air di sana.

Namun yang terjadi malah sebaliknya, air tersebut tidak keluar bahkan kering, dan hasilnya pasir yang telah dikeruk menjadi padang pasir luas. Untuk menutupi kesalahannya, mereka menutup padang pasir tersebut dengan lapisan plastik hijau.


Padang pasir ditutup plastik hijau.
Kota yang tadinya ingin di kelilingi oleh danau dengan pepohonan kini menjadi tampak gersang, akibat kesalahan ini. Di beberapa titik, ketinggian pasir ini bahkan ada yang mencapai 100 meter. Demikian pun dengan vegetasi di sekitar mata air tadi, kini hilang ditelan lautan pasir.

Pemerintah setempat pun tidak mampu menangani permasalahan ini. Dan kini padang pasir mengganggu aktivitas penduduk di sekitarnya. Pada saat angin kencang, pasir akan terbawa ke pusat kota, merusak cat mobil, mengganggu pejalan kaki, dan mengganggu pernapasan.

Para pejabat berharap dengan ditutupnya padang pasir oleh lapisan plastik, bisa mengurangi permasalahan di sana, dan mencegah pasir untuk berpindah tempat.

Salah satu kritikus setempat meenghujat, jika ini adalah kemenangan dari salah perhitungan tata ruang kota. Dan menjadikan danau yang tadinya dipenuhi air menjadi kering.


Related Posts

0 comments:

Post a Comment