8 Manfaat Mengurangi Konsumsi Nasi Putih

shares

Nasi putih. sumber
SAUNG99 - Nasi menjadi menu sehari-hari dalam makanan kita. Bahkan konsumsi nasi biasanya lebih besar, dari pada konsumsi lauk sebagai 'teman' makan. Nasi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan, dari kehidupan masyarakat kita.

Tapi jika Anda mempunyai aktivitas fisik yang sedikit, Anda perlu mengurangi konsumsi nasi, terutama nasi putih. Nasi merupakan sumber karbohidrat yang cukup tinggi, dan akan diolah menjadi glukosa, yang jika tidak ada aktivitas fisik, maka akan disimpan di dalam tubuh.

Akibatnya, kadar gula darah akan meningkat, dan itu tidak baik bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes, dan Anda yang tidak pun bisa terancam.

Konsumsi nasi yang baik adalah satu porsi dalam sehari, dan disubstitusi dengan makanan lainnya yang tinggi protein dan serat, agar pencernaan dan tubuh tetap sehat. Lalu apa manfaat mengurangi konsumsi nasi putih ini? Berikut manfaatnya yang kami kutip dari Boldsky:

  1. Kadar gula darah normal. Konsumsi nasi yang seimbang, membuat kadar gula darah tetap seimbang, dan tidak akan terjadi lonjakan.
  2. Sembelit. Rendahnya serat dalam nasi, bisa menyebabkan sembelit, dan juga gerakan usus tidak baik.
  3. Diabetes. Ini adalah penyakit yang berhubungan dengan peningkatan kadar gula dalam darah, nasi menyediakan gula dalam jumlah cukup banyak.
  4. Karbohidrat. Jika Anda sedang melakukan program diet, lebih baik hindari makanan yang satu ini. Karena nasi akan membuat berat badan naik.
  5. Nutrisi. Nutrisi dalam nasi sangat rendah, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan malnutrisi bagi tubuh.
  6. Pati yang tinggi. Kadar pati dalam nasi sangat tinggi, yang bisa meningkatkan kadar gula darah Anda.
  7. Alergi. Tidak sedikit orang yang alergi terhadap nasi putih. Dan untuk gantinya, bisa dengan beras merah.
  8. Rasa lapar. Nasi tidak menyebabkan perut kenyang dalam porsi yang sedikit, sehingga banyak yang mengonsumsi nasi dalam jumlah banyak. Dan itu tidak baik untuk kesehatan.

Lalu apa alternatif pengganti nasi? Ya, di Indonesia banyak sumber karbohidrat yang lebih baik dan akaya nutrisi lainnya, seperti kentang, jagung, atau umbi-umbian. Jadi tidak ada salahnya, kita mulai mengganti nasi putih dengan panganan lainnya untuk menjadikan tubuh lebih sehat lagi.

Semoga bermanfaat artikelnya, sharing dan klik tombol G+ nya....
Loading...

Related Posts

5 comments:

  1. terkadang sulit juga merubah kebiasaan yang udah turun temurun...
    but, untuk yg lebih baik why not...

    ReplyDelete
  2. Thanks buat infonya, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  3. sangat susah meninggalkan nasi putih..apalgi kita sudah terbiasa mengonsumsinya setiap hari

    ReplyDelete
  4. Wah nasi puith dikurangi ? Aneh aneh penelitian ya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete