Misteri Kalajengking Laut Raksasa dari Era Dinosaurus

shares

Kalajengking laut.
SAUNG99 - Pernah mendengar kalajengking yang hidup di laut? Mungkin bagi kebanyakan orang, hanya mengetahui kalajengking yang hidup di darat, yang mempunyai bisa yang bisa mematikan. Tapi siapa sangka, jika di laut, terdapat kalejengking kuno.

Kalajengking ini mengawali kehidupannya sekitar 400 juta tahun yang lalu. Mahluk besar ini dikenal sebagai Pterygotids, yaitu anthropoda terbesar yang pernah hidup. Ukurannya bisa mencapai dua meter, sangat besar jika dibandingkan anthropoda yang saat ini hidup.

Selain itu, kalajengking laut ini mirip dengan lobster, tetapi sangat jauh. Bentuknya cukup mengerikan dengan cakar yang bisa memanjang hingga 0,6 meter. Sehingga cukup menakutkan bagi siapapun yang bertemu dengan mahluk laut ini.

Keberadaan Pterygotids diduga telah punah, namun saat ini ada jenis yang lebih kecil, yaitu dari jenis eurypterid. Walaupun monster laut ini tidak terlalu besar dan tampak menakutkan, juga mempunyai kelemahan, yaitu matanya tidak mampu berkembang sempurna.

Hidupnya di dasar laut yang sukup dalam, sehingga sangat rentan terhadap predator lainnya yang lebih tinggi. Namun capitnya mempu mengoyak ikan yang sangat keras atau memotong cumi raksasa dengan mudah.

Keberadaannya memang menjadi misteri, karena hidup di dasar laut yang cukup dalam, sehingga jarang yang menemukan kalajengking laut ini.

via Livescience

Related Posts

0 comments:

Post a Comment