Tahun Depan, Publik Bisa Tentukan Nama Planet Baru

shares

Exoplanet yang mirip dengan Bumi.
SAUNG99 - Selama ini, penemuan planet baru yang diduga bisa menunjang kehidupan selalu dinamai oleh kode, seperti Ogle235-MOA53 b. Namun nama-nama palnet tersebut, tentunya sangat sulit dihapal.



Apalagi saat ini penemuan planet-planet baru di luar tata surya jumlahnya bisa mencapai 305. Tidak seperti tata surya kita yang mempunyai nama planet seperti Merkurius, Bumi, hingga Pluto yang mudah diingat.

Untuk itu, International Astronomical Union (IAU) yang berlokasi di Paris, berencana memberikan publik kesempatan, untuk memberikan nama-nama planet yang mirip dengan Bumi.

Namun sebelumnya, para astronom akan memilih sekitar 20 sampai 30 planet sebelum dilakukan penamaan dan pilihan nama yang akan diterima dari publik. Rencananya, pemilihan 30 planet dari ratusan planet, akan berlangsung pada bulan September ini.

Bagi publik yang ingin memberikan nama, setidaknya tidak boleh lebih dari 16 karakter, mudah diingat, tidak boleh nama yang ofensif dan tidak boleh diambil dari nama mereka yang masih hidup.

Dan setelah 30 nama terpilih, publik bisa melakukan voting secara langsung di Maret 2015. Dan penentuan nama akan di finalkan pada Agustus 2015.

Anda tertarik memberikan nama planet baru? Silahkan klik tautan berikut ini directory.iau.org

via Mail Online

Related Posts

0 comments:

Post a Comment