Arkeolog Kembali Menyelam Cari 'Komputer' Kuno

shares

"Komputer" kuno berumur 2.200 tahun.
SAUNG99 - Mesin mekanis yang ditemukan di Antikythera, merupakan alat yang cukup komplek pada masa 2.200 tahun yang lalu, yang ditemukan sekitar tahun 1900 dari reruntuhan kapal karam kuno di Yunani. Alat yang disebut "komputer" pada masanya itu, menjadi teka-teki lebih dari 100 tahun.

Kini, arkeolog ingin menyelam kembali di reruntuhan kapal karam kuno di Antikythera di mana mesin mekanis ini ditemukan. Dan kali ini arkeolog Yunani dan Amerika bekerja sama, menggunakan alat yang lebih canggih lagi yang disebut Exosuit.

Mesin yang cukup kompleks tersebut, terdiri dari 40 bagian yang terbuat dari perunggu, di mana terdapat lingkaran bergerigi. Dan dipercaya arkeolog sebagai sistem untuk mengetahui perputaran tata surya.

Dengan pakaian Exosuit, yang bisa menyelam hingga kedalaman cukup ekstrem, penyelam akan terlindungi dari tekanan air laut yang kuat. Sehingga pencarian alat-alat kuno lainnya bisa ditemukan kembali.

Exosuit ini bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 150 meter, dan dibuat di Kanada oleh Nuytco. Baju menyelam ini juga dilengkapi dengan lampu, yang bisa memberikan cahaya di kegelapan laut.

"Dipekirakan ada lebih dari satu lusin alat yang tertinggal di dalam sana, kapal ini membawa barang-barang berharga dari Asia kecil kala itu," ucap Dimitris Kourkoumelis, arkeolog yang tergabung di dalam tim penyelaman.

Jalur laut ditemukannya mesin ini, kala itu merupakan jalur perdagangan yang cukup ramai. Namun juga, disertai pembajak yang senantiasa mengancam para pedagang kala itu. (Mail Online)

Related Posts

1 comments

  1. Teori evolusi tinggal nama. Manusia zaman dahulu memang memiliki pengetahuan yang luar biasa, karena memang sejak Nabi Adam telah diberi pengetahuan oleh sang Pencipta.

    Salam kenal

    ReplyDelete