Racun Ulat Ini Bisa Membuat Tulang Terluka

shares

Ulat kucing.
Bagi sebagain orang, melihat ulat merupakan hal yang dihindari. Selain membuat jijik, biasanya ada fobia tersendiri terhadap ulat. Tetapi menghindari ulat ada baiknya, apalagi jika Anda tidak tahu jenis ulat tersebut.

Bukan tanpa alasan, beberapa ulat mempunyai racun yang bisa membuat kulit gatal. Biasanya dari jenis ulat yang mempunyai bulu. Lalu jenis ulat apa yang paling beracun di dunia? Dan apa risikonya jika kita bersentuhan dengan ulat tersebut?

Ulat yang paling beracun di dunia adalah ulat kucing, di mana ulat ini mempunyai bulu layaknya kucing. Namun Anda jangan terkecoh dengan penampilannya ulat bernama latin Megalopyge opercularis ini, karena jika tersentuh, bisa fatal akibatnya.

Bulu yang tampak pada ulat tersebut sebenarnya adalah duri beracun, yang jika tersentuh akan terasa lebih sakit dari pada sengatan lebah. Bahkan duri yang menempel tersebut bisa terus masuk ke jaringan kulit, dan sampai melukai tulang. Sehingga akan terasa sangat sakit sekali setelah lama bersentuhan.

"Satu bulu halus yang tersentuh kulit dari ulat tersebut seperti tersengat lebah, bahkan lebih buruk setelah tersengat ulat bulu ini. Bahkan jika racunnya tidak diatasi, bisa melukai tulang," ucap Don Hall pakar Entomologi dari Universitas Florida.

Walau demikian, rasa sakitnya tergantung dari seberapa banyak kita tersengat duri beracunnya. Dan jika tersengat di tangan, maka rasa sakitnya bisa terasa sampai bahu dan bertahan hingga 12 jam.

Untuk melakukan pencegahan yang lebih buruk, ada cara yang baik, saat kita disengat atau tanpa sengaja memegang ulat kucing ini. Yaitu dengan selotip, ambil selotip, lalu bagian yang ada lemnya kita tempelkan pada bagian yang disengat atau bersentuhan dengan ulat kucing.

Setelah itu lepas kembali selotip, dan jika beruntung, semua duri dari ulat tersebut akan terangkat. Layaknya kertas pengangkat komedo yang ada di pasaran. (NatGeo)

Related Posts

0 comments:

Post a Comment