Gigi Anak 'Berkarat'? Salahkan Jus Kemasan

shares

Anak meminum jus.
SAUNG99 - Berbicara tentang makanan sehat, pikiran kita pasti tertuju pada buah dan sayur. Memang tidak salah, karena dua bahan makanan ini kaya serat dan vitamin, selain itu banyak antioksidan yang terkandung di dalam buah dan sayur.

Namun, saat ini banyak anak-anak yang kurang menyukai makanan sehat ini. Dan sebagai gantinya, mereka akan senan dengan makanan siap saji. Untuk mensiasatinya, ibu biasanya mengolahnya, terutama buah menjadi enak untuk dimakan.

Salah satunya adalah dengan membuat jus, yang rasanya manis. Atau juga membeli jus buah kemasan siap saji, yang tentunya mempunyai rasa manis, sehingga anak mudah menikmati buah-buahan.

Ditambah dengan banyaknya iklan di media televisi. elektronik maupun cetak, yang mengingatkan pentingnya buah-buahan, dan mereka bisa digantikan dengan jus kemasan, membuat anak-anak semakin menyukainya.

Namun siapa sangka, jika di balik sehatnya jus buah, ternyata menyimpan banyak masalah kesehatan. Salah satunya adalah masalah pada gigi, yang menjadi kunci utama dalam mengunyah makanan yang akan masuk ke dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, 100 dari 1000 anak-anak mempunyai masalah kesehatan gigi, dan itu disebabkan oleh konsumsi jus buah dalam kemasan. Dan satu di antara delapan anak mempunyai gigi "berkarat", akibat jus kemasan ini. Apalagi jika anak-anak tersebut telah menanggalkan gigi susunya, sehingga untuk memperbaiki gigi yang berkarat cukup susah.

Dokter gigi melihat permasalahan ini merupakan awal dari banyaknya konsumsi gula, di dalam jus. Dan juga rendahnya anak untuk mengonsumsi susu dan air putih, karena digantikan oleh jus buah kemasan.

Jus kemasan memang tampak sehat ketika diiklankan, begitu juga dengan buah. Tetapi kita perlu ingat, jika jus buah juga mengandung gula yang cukup banyak. terutama merek-merek terntentu, yang lebih dominan dengan rasanya yang manis, tentunya banyak sekali mengandung gula.

Untuk mensiasatinya cukup mudah, setelah anak-anak mengonsumsi jus kemasan, berkumurlah dengan air putih. Namun bagaimanapun juga, mengonsumsi jus kemasan bis amembuat berat badan anak bertambah lebih cepat, dan bisa meningkatkan obesitas.

Ada baiknya anak mulai mengonsumsi buah-buahan segar, dan sedikit mengandung gula. Karena ada buah-buahan seperti mangga, melon, dan apel merah, mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. (Mail Online)

Related Posts

0 comments:

Post a Comment