Perpustakaan Ini Menyimpan Jutaan Manuskrip Langka

shares

Perpustakaan Beinecke Rare Book dan Manuscript.
SAUNG99 - Universitas Yale Beinecke Rare Book dan Manuscript Library, adalah bangunan terbesar di dunia yang didedikasikan untuk penyimpanan dan pelestarian buku langka, manuskrip, dan dokumen. Selesai pada tahun 1963 dan terletak di kampus Universitas Yale, di New Haven, Connecticut, perpustakaan memiliki ruang untuk sekitar 780.000 koleksi buku.

Saat ini, perpustakaan ini memiliki sekitar 500.000 koleksi dan beberapa juta naskah, termasuk yang Alkitab asli Gutenberg dan naskah misterius Voynich. Sebelum pembangunan perpustakaan, buku-buku langka dan berharga dari Perpustakaan Yale College ditempatkan pada rak khusus di Perpustakaan College, yang sekarang dikenal sebagai Dwight Hall.

Kemudian pada tahun 1930, ketika Memorial Library Sterling dibangun, universitas menciptakan ruang khusus membaca buku langka. Berbagai koleksi tumbuh, ruang baca Sterling menjadi terlalu kecil dan tidak cocok untuk pelestarian naskah yang sangat halus, dan kebutuhan untuk perpustakaan yang lebih besar sangat dirasakan.



Perpustakaan Beinecke Rare Book dan Manuscript.
Perhatian utama dari perpustakaan ini adalah pelestarian dokumen di dalamnya. Tantangannya adalah untuk memberikan pencahayaan yang cukup, bagi orang untuk belajar dan membaca, serta membuat ruang di dalamnya ramah dihuni.

Untuk tujuan ini, bagian luar bangunan dilengkapi dengan kaca setebal satu seperempat inci, panel marmer tembus pandang yang memungkinkan cahaya untuk masuk ke dalam dan menerangi bagian dalam, tanpa menyebabkan kerusakan pada buku-buku dan manuskrip langka.



Perpustakaan Beinecke Rare Book dan Manuscript.
Bangunan perpustakaan ini terbuat dari Vermont marmer dan granit, perunggu dan kaca, dan bangunannya bergaya Neo-klasik dan Gothic. Di pusatnya adalah menara kaca buku, yang berisi koleksi berharga yang umumnya terlarang untuk dibaca, kecuali oleh pustakawan.

Dua tangga marmer besar digunakan untuk naik sampai ke tingkat mezzanine, yang memungkinkan pengunjung untuk berada di sekitar menara kaca. Menara ini dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran, dan tidak menggunakan air yang akan membahayakan koleksi buku langka, tetai menggunakan kombinasi Halon dan Inergen, yang akan dipompa ke panas untuk menghentikan proses pembakaran.

Perpustakaan Beinecke Rare Book dan Manuscript.
Perpustakaan Beinecke ini terbuka untuk semua mahasiswa dari seluruh fakultas di Yale, serta pengunjung umum dan para peneliti di seluruh dunia. (Amusing Planet)
Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment