Unik, Katak Ini Bisa Berkamuflase Layaknya Bunglon

shares

Katak kaca dari Kosta Rika.
SAUNG99 - Jika kita membicarakan hewan yang pandai berkamuflase, dan menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya, pikiran kita tertuju kepada bunglon. Memang tidak salah, karena hewan ini bisa menyesuaikan warna dengan lingkungannya sehigga tidak terlihat.

tetapi pernahkah Anda melihat katak yang bisa berkamuflase? Mungkin akan banyak yang menggelengkan kepalanya. Ya, karena katak memang tidak mempunyai kemampuan seperti bunglon. Namun, spesies katak di Kosta Rika ini sangat berbeda.

Katak kaca, begitulah para peneliti menyebut katak unik ini, karena selain warnanya hampir transparan, katak ini juga mampu berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini dilakukan katak ini untuk melindungi telurnya, yang disimpan di dedaunan.

Sepasang fotografer Michael dan Patricia Frogden, berhasil mengabadikan katak ini saat berada di pusat riset biologi La Selva di Kosta Rika.

Kata yang mempunyai panjang antara 19-24 milimeter ini sangat mengagumkan. Mereka mengubah warna tubuhnya guna melindungi telur-telurnya. Dan katak ini juga menjaganya dari serangan predator.

"Katak jantan akan menjaga dan melindungi telurnya, sebelum menetas dan masuk ke dalam air. Ia menjaga dari serngan parasit, lalat, dan semut," ucap Frogden.

Kelestarian katak menjadi salah satu tujuan utama di pusat riset ini. Karena bintang ini memjadi indikasi terhadap perubahan iklim yang terjadi. Semakin panas cuaca, maka katak-katakakan semakin tersisihkan dari hutan hujan. (Mail Online)
Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment