Melihat Gangguan Kesehatan dari Perubahan Rambut

shares

Rambut yang mengembang.
SAUNG99 - Rambut merupakan mahkota bagi wanita, sehingga tidak jarang banyak yang membuatnya ingin berkilau indah dan bercahaya. Rambut juga bagi pris bisa berfungsi sebagai pelindung kepala, saat beaktivitas di luar ruangan.

Sering kali kita mengalamai gangguan pada rambut, seperti kering, berminyak, pecah-pecah, hingga berketombe. Namun jangan salah, keadaan seperti itu juga bisa mengindikasikan jika tubuh juga sedang mengalami gangguan kesehatan.

"Rambut adalah penanda besar untuk kesehatan dan sangat sering menunjukkan tanda-tanda pertama dari gangguan kesehatan," kata Sara G Allison, seorang trichologist di Harley Street. Untuk mengetahui apa yang dikatakan rambut saat kita mengalami gangguan kesehatan, berikut ciri-cirinya:

Rambut kering dan rapuh
Banyak wanita yang sering merawat rambutnya, baik dengan pelurus rambut dan alat pemanas lainnya, untuk mendapatkan rambut indah. Tapi rambut jga bisa mengalami dehidrasi. Rambut rapuh juga bisa mengindikasikan masalah tiroid, dan untuk mengetahui jika Anda rambut Anda rontok, lebih baik berkonsultasi dengan dokter.

Untuk perawatan rambut kering dan rapuh, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D mineral, olega-3, dan copper.

Berketombe atau bersisik
Ketombe menjadi masalah umum pada rambut. Ketombe juga bisa menandakan jika kekebalan tubuh kita sedang lemah. Pastikan istirahat Anda cukup. Untuk perawatannya, cuci rambut secara teratur dengan sampo anti ketomber, dan jika keadaan semakin parah lebih baik datang ke dokter kulit.

Rambut menipis
Rambut yang mulai menipis biasanya terjadi pada wanita yang akan mengalai menopause, karena adanya ketidak seimbangan hormon. Dan Anda bisa memperbaikinya dengan terapi hormon. Namun sayangnya, rambut yang rntok akibat menopause tidak akan bisa tumbuh kembali.

Uban dini
Jika rambut Anda beruban di usia 20-an, bisa disebabkan karena masalahgenetika. Namun stres, gizi, dan masalah hormonal bisa mempengaruhinya.Perawatannya, konsumsi suplemen vitamin B saat stres. Hindari merokok dan alkohol.

Botak
Saat Anda menguncir rambut terlalu ketat, itu bisa menjadi sebab utama Anda mengalami kebotakan di sepanjang garis rambut. Membuat rambut gimbal, menguntainya, memasang lem, dan perawatan lainnya yang salah, bisa menyebabkan kebotkan.

Rambut layu
Jangan salah, rambut juga bisa mengalami loyo dan rontok, yang bisa menandakan Anda mengalami kekurangan nutrisi, baik disebabkan makanan yang rendah gizi atau diet yang ketat. Namun ada juga yang disebabkan oleh sindrom ovariun polikistik pada wanita. Anda sebaiknya berkonsultasi kepada dokter jika mengalami hal ini.

Mirror

Related Posts

1 comments

  1. Ternyata gangguan kesehatan bisa dilihat dari perubahan rambut yah. mantab nih

    nice artikel

    ReplyDelete