Ternyata, Peta Rasa Lidah Kita Hanya Mitos

shares

Mencicipi rasa.
SAUNG99 - Di mulai dari sekolah dasar, kita dikenalkan oleh guru biologi tentang area perasa di lidah kita. Seperti pengecap pahit ada pada bagian belakang atau pangkal lidah, bagian manis ada pada sisi-sisi lidah. Namun apakah itu sangat relevan?

Ternyata tidak, ilmuwan akhirnya meneliti kenapa lidah kita bisa menentukan rasa. Dan bagian-bagian yang dahulu dikenalkan hanyalah mitos semata dan tidak benar adanya. Lalu apa yang membuat lidah bisa membedakan rasa setiap makanan yang kita kunyak di mulut?

Peneliti menemukan ribuan sensor di lidah kita, yang bisa mengenali setiap rasa yang ada. Sensor ini kemudian meneruskannya ke sel yang ada di otak, sehingga kita bisa mengenali setiap rasa dari bentuk makanan yang kita konsumsi.

Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Colombia, yang menganalisa kepada sekitar 8.000 orang terhadap indera perasanya. Jadi, tidak ada peta di lidah kita tentang rasa, yang selama ini kita pelajari di sekolah.

Sensor atau reseptor yang ada di lidah ini, akan mengirimkan sinyal yang diolah oleh otak kita, bukan oleh lidah yang selama ini dipelajari. Penelitian ini juga memungkinkan Anda untuk bisa merasakan makanan yang tidka disukai, dengan merangsang bagian otak yang meolah informasi rasa, juga sangat baik untuk mereka yang mulai mengalami penuaan.

Namun penelitian ini belum final, dan masih dilakukan penelitian lanjutan untuk lebih menguatkan penemuan yang ada, yang selama ini disalahartikan. (Mail Online)

Loading...

Related Posts

1 comments