20 Gejala Anda Terkena HIV

shares

Ilustrasi HIV/AIDS.
SAUNG99 - Terkena HIV bukanlah hal yang diinginkan setiap manusia, apalagi sampai saat ini tidak ada obatnya. Namun sampai saat ini, peneliti hanya mampu untuk memperpanjang usia penderita human immunodeficiency virus (HIV), bukan menyembuhkannya.

Penderita HIV juga sering dikucilkan dari masyarakat, pasalnya penyakit ini biasanya berhubungan dengan pergaulan bebas, narkoba, dan pecandu. Namun terkadang, HIV juga ditularkan dari ibu yang positf terkena virus ini.

Bahkan tidak mungkin HIV juga menimpa Anda yang tidak melakukan hal-hal negatif, dan bisa saja terjangkit karena ketidaksengajaan. Sedangkan untuk mengeceknya sendiri, kita diharuskan untuk melakukan uji darah.

Penderita HIV sendiri memang tidak akan mau untuk mengungkapkannya di masyarakat umum, karena banyak sanksi sosial yang akan di dapatkannya. Namun ada tanda-tanda umum, di mana seseorang bisa saja terjangkit virus mematikan ini.

Guna memperingati hari acquired immune deficiency syndrome (AIDS sedunia), kami akan memberikan tanda-tanda Anda terkena HIV, yang menyebabkan penyakit ini:

1. Demam, ketika Anda pertama kali terkena virus ini, maka Anda akan menderita demam yang cukup singkat. Namun jika telah lama, demam tersebut akan datang terus menerus.

2. Kelelahan, sulit untuk membedakan antara kelelahan normal dan terkena virus ini. Tapi jika seseorang tidur dengan baik dan tidak kelebihan beban pekerjaan, maka kelelahan bisa saja akibat virus ini.

3. Batuk kering, Jika seseorang batuk terus-menerus dan belum ada dahak, maka itu bisa jadi tanda-tanda HIV positif. Batuk ini terdengar sangat mirip dengan batuk perokok.

4. Kulit gatal dan kering. Ini adalah salah satu tanda yang paling umum menderita positif HIV. Pasien HIV sebagian besar memiliki tanda kemerahan pada kulit. Kulit menjadi kering dan sangat mudah lepas.

5. Mual. Saat virus mulai merusak sistem tubuh maka mual adalah gejala yang umum. Bahkan demam sedikit saja, dapat menyebabkan mual, tetapi dalam kasus HIV akan terus-menerus.

6. Sakit kepala. Mereka yang positif HIV sering memiliki sakit kepala berat. Jika Anda melihat seseorang dengan sakit kepala setiap malam, maka itu adalah alasan untuk khawatir.

7. Kehilangan nafsu makan. Infeksi virus mempengaruhi nafsu makan menjadi buruk. Selera Anda akan mati ketika HIV positif menyerang Anda. Jika Anda kehilangan nafsu makan lebih dari satu bulan, Anda perlu ke dokter.

8. Berat badan tiba-tiba turun. Ketika Anda berhenti makan dengan baik, penurunan berat badan adalah gejala umum. Namun jika Anda kehilangan lebih dari 8-10 kg berat badan dalam waktu kurang dari tiga bulan, maka Anda perlu khawatir.

9. Pembesaran limpa. Limpa bisa menjadi indikator dari AIDS. Jika Anda telah didiagnosa dengan pembesaran limpa dan memiliki kombinasi gejala lain juga, maka ada kemungkinan akan terkena HIV.

10. Ruam kulit. Beberapa orang yang rentan terhadap ruam kulit bisa jadi akibat kulit yang sensitif. Tapi jika Anda tidak pernah mempunyai masalah dengan kulit sensitif, dan Anda tiba-tiba mulai mengalami ruam, maka Anda perlu waspada.

11. Tenggorokan kering. HIV membuat tenggorokan sangat rentan terhadap infeksi dingin. Jadi jika Anda atau seseorang selalu memiliki sakit tenggorokan, maka Anda perlu untuk memeriksakan diri.

12. Pembengkakan kelenjar getah bening. Virus ini mendiami kelenjar getah bening dan mulai berkembang biak di sana.

13. Menstruasi tidak teratur. Pada wanita, menstruasi tidak teratur adalah tanda yang sangat umum dari HIV. Tapi itu bukan tanda yang sangat jelas, kecuali ditambah dengan gejala lainnya.

14. Nyeri sendi dan otot. Sakit otot dan sendi bisa karena kelelahan dan stres. Tapi jika Anda memiliki tubuh sakit terus-menerus bersama dengan gejala lainnya, Anda perlu untuk memeriksakan diri.

15. Infeksi jamur di alat kelamin. Ciri ini terjadi pada wanita, ketika mereka melakukan hubungan intim yang tidak aman. Ini bisa mengindikasikan HIV atau penyakit menular kelamin lainnya.

16. Herpes adalah masalah kulit yang sangat menyakitkan dan menular. Jika Anda mendapatkan herpes tanpa kontak dengan orang lain yang memilikinya, maka itu adalah alasan untuk khawatir.

17. Diare adalah gejala yang sangat umum dari banyak penyakit yang berbeda. Tapi ketika seseorang kontrak dengan HIV, maka pencernaannya akan melemah.

18. Kebingungan. Seseorang yang positif HIV memiliki kesulitan berkonsentrasi atau bahkan berpikir jernih. Orang yang biasanya memiliki pikiran jernih, semua akan kacau.

19. Berkeringat dingin. Berkeringat bahkan ketika Anda merasa dingin, adalah tanda-tanda ketidakseimbangan hormon pada wanita. Tapi jika Anda tidak menopause atau tidak memiliki alasan tersebut, berkeringat dingin dapat menunjukkan tahap awal AIDS.

20. Imunitas berkurang. HIV adalah singkatan dari Human harfiah Immuno Deficiency Virus. Jadi itu adalah infeksi virus yang melemahkan kekebalan seseorang. Jika seseorang terus jatuh sakit terus menerus, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter.

Keduapuluh gejala tersebut memang tidak pasti menandakan ANda terkena HIV, tetapi jika banyak gejala hinggap di diri ANda, maka tidak ada salahnya untuk segera pergi ke dokter.

Foto: http://news.nick.com
Boldsky
Loading...

Related Posts

3 comments:

  1. Berat badan yang turun secara drastis yang harus selalu diwaspadai. Karena selain gejala HIV/AIDS, terjata penurunan berat badan yang drastis juga karena penyakit lain yang juga berbahaya.

    ReplyDelete
  2. Ternyata setelah saya membaca semua artikel ini, banyak juga dari Gejala Penyakit HIV tidak Cuma dengan serupa, bahkan lebih dari satu Penyakit HIV ini, memang web ini menyuguhkan artikel yang sangat bagus dan baik, enak dibaca dan juga dipahami, salam sehat buat pemegang web ini, dan tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk saling mengetahui : Gejala Penyakit HIV Pada Wanita

    Salam sehat, dan panjang umur. amin

    ReplyDelete