Jadi Tepat Tinggal Roh, Gunung Tertinggi Ini Belum Pernah Didaki

shares

Gunung Gangkhar Puensum.
SAUNG99 - Setiap pendaki pasti mempunyai tantangan tersendiri, untukmendaki puncak gunung tertentu. Biasanya, mereka akan mencari puncak gunung tertinggi, yang menjadi tantangan untuk ditaklukkan, sperti Himalaya atau Kilimanjaro.

Tetapi ada satu gunung yang masih 'perawan' untuk didaki, dan belum pernah ada orang yang mendaki puncak gunung ini. Lalu gunung apakah itu? Adalah Gangkhar Puensum, gunung tertinggi di Bhutan, yang mempunyai ketinggian 7.570 meter di atas permukaan laut. Dan itu adalah puncak tertinggi ke-40 di dunia.

Yang lebih mengejutkan lagi dari Gangkhar Puensum adalah gunung ini belum pernah didaki, terutama ketika sebagian besar puncak di Himalaya telah ditaklukkan sekitar satu dekade lalu. Lalu di mana letak gunung ini?

Gangkhar Puensum terletak di perbatasan antara Bhutan dan Tibet, meskipun garis batasnya masih diperdebatkan. Peta Tiongok menempatkan puncaknya tepat di perbatasan, sedangkan sumber lain meletakkannya sepenuhnya di Bhutan.

Gunung ini pertama kali dipetakan dan disurvei pada tahun 1922, dan menjadi peta wilayah yang akurat. Sampai baru-baru, peta wilayah menunjukkan gunung di lokasi yang berbeda dan ditandai dengan ketinggian yang berbeda. Bahkan, salah satu tim pertama yang mencoba untuk ke puncaknya, tidak dapat menemukan gunung ini sama sekali.

Bhutan sendiri hanya memperbolehkan pendaki untuk mendaki gunung ini pada tahun 1983, karena mereka percaya bahwa gunung ini tempat tinggal para roh. Tetappi Bhutan akhirnya membuka pintu untuk pendaki gunung, dan serangkaian ekspedisi yang terorganisir. Antara tahun 1985 dan 1986, empat upaya dilakukan, tetapi semua berakhir dengan kegagalan. Keputusan untuk mengizinkan gunung ini menjadi tempat komersial tidak berlangsung lama.

Pada tahun 1994, pemerintah melarang pendakian gunung yang lebih tinggi dari 6.000 meter untuk menghormati kepercayaan spiritual setempat, dan sejak tahun 2004 gunung di negeri ini telah dilarang sepenuhnya untuk didaki.

Pada tahun 1998, sebuah ekspedisi Jepang memperoleh izin dari Asosiasi Mountaineering China untuk mendaki Gangkhar Puensum utara dari Bhutan dari sisi Tibet. Namun sengketa perbatasan lama dengan Bhutan, akhirnya menyebabkan izin dicabut.

Bhutan sendiri belum mensurvei kembali puncak gunung ini, dan tampaknya negara tidak memiliki kepentingan dalam melakukannya dalam waktu dekat. Dengan kesulitan mendapatkan izin dari pemerintah serta kurangnya dukungan penyelamatan, tampaknya bahwa gunung akan tetap tidak didaki di masa mendatang. (Amusing Planet)

Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment