10 Alasan Kita Makan Ketika Tidak Lapar

shares

Makan pizza beramai-ramai.
SAUNG99 - Sebagian besar dari kita setuju bahwa, kita akan makan ketika lapar. Tetapi lapar terkadang menjadi persepsi. Sehingga sulit untuk memahami, ketika Anda benar-benar lapar dan ketika Anda hanya ingin makan. Lalu, apakah Anda makan hanya ketika Anda lapar?

Kini makan ketika Anda tidak lapar, menjadi hal yang sangat umum. Tapi apakah Anda pernah bertanya, mengapa kita makan ketika tidak lapar? Alasannya tentu akan mengejutkan Anda.

Contohnya, bila Anda sedang mendatangi pesta, biasanya Anda akan makan apapun juga yang dihidangkan walaupun tidak sedang lapar. Atau makan saat stres atau bosan, yang kini menjadi alasan umum untuk makan berlebihan.

Fakta yang paling mengganggu tentang makan saat Anda tidak lapar adalah, Anda cenderung memilih makanan yang menggemukan dan tidak sehat. Berikut adalah beberapa alasan, mengapa kita makan ketika kita tidak lapar, yang kami kutip dari Boldsky.

1. Bosan
Saat bosan, kita cenderung akan mencari makanan terutama makanan yang tidak sehat. Ketika Anda bosan, otak Anda memberi Anda 'keinginan' untuk makan.

2. Karena sudah dibayar
Hal ini cenderung terjadi ketika Anda pergi ke sebuah restoran, dan memilih untuk prasmanan. Ketika Anda sudah membayar penuh, maka kecenderungannya Anda tidak ingin menyia-nyiakan saat itu, dengan mencoba semua jenis makanan.

3. Melihat orang lain makan
Ketika perokok melihat orang lain merokok, mereka merasakan dorongan yang sama untuk merokok. Demikian pula saat makan, ketika Anda melihat orang lain makan, Anda merasa seperti ingin makan.

4. Emosional
Makan bukan hanya sekedar untuk mengisi perut Anda, ada orang yang memiliki keterikatan emosional dengan makanan. Wanita sering makan cokelat setelah putus cinta.

5. Diajak makan
Apakah Anda tahu bahwa orang-orang di sekitar Anda, seperti rekan-rekan Anda, teman-teman dan pasangan dapat membuat Anda gemuk? Beberapa orang sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, karena ada dorongan dari orang lain di sekitarnya.

6. Merayakan
Pada saat ulang tahun, atau cara pernikahan, kita cenderung mengonsumsi makanan berlebihan. Bahkan saat perut kita tidak lapar. Kita akan terus mengunyah makanan yang tersaji.

7. Makanan selalu tersedia
Apakah di lemari penyimpanan Anda terdapat banyak makanan? Mungkin ini yang bisa memicu Anda untuk menghabiskannya. Karena tidak sedikit hal tersebut terjadi pada orang-orang di sekitar kita.

8. Tidak inginmembuang makanan
Banyak dari kita yang beranggapan, jangan pernah membuang makanan. Apalagi jika tersedia makanan yang cukup banyak di rumah. Sehingga mau tidak mau Anda akan menyantapnya.

9. Saatnya untuk makan
Sama seperti tidur, rasa lapar juga memiliki jam biologis. Jika Anda makan malam di 9:00 setiap malam, maka Anda akan tergoda untuk makan sebelum waktunya, dan Anda akan cenderung mengonsumsi makanan ringan.

10. Ditraktir
Ketika Anda tidak memiliki uang untuk membeli makanan, padahal Anda sangat senang makan. Maka jetika seseorang mengajak makan dan membayar tagihan, maka Anda tidak akan menyia-nyiakannya.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment