Meninggal, Bayi Enam Hari Selamatkan Dua Nyawa Sekaligus

shares

Operasi transplantasi.
SAUNG99 - Seorang bayi perempuan yang meninggal pada usia enam hari, telah menjadi donor organ termuda Inggris. Berkat kematiannya, bayi mungil tersebut telah menyelamatkan dua nyawa sekaligus.

Organ kecil bayi yang diambil dari jasadnya, adalah yang pertama kali dilakukan. Dan operasi yang dilakukan oleh tim dokter, berhasil ditransplantasikan dari bayi yang baru lahir.

Ginjal bayi ini diberikan kepada pasien yang mengalami gagal ginjal, sementara sel-sel hatinya membantu kasus penyakit yang cukup parah. Lalu apa yang membuat bayi kecil ini meninggal, dan bagaimana persaan orangtuanya?

Orangtua yang tidak disebutkan namanya, telah dipuji karena keberanian mereka dalam memberikan sumbangan, dan mereka mengatakan, senang bahwa sesuatu yang positif keluar dari kematian tragis putri kecil mereka.

Konsultan neonatologist Dr Gaurav Atreja, salah satu dokter bayi perempuan, mengatakan: "Sangat sulit untuk mendekati subjek donor organ dengan keluarga bayi.

"Kami memberi mereka waktu untuk berpikir, mereka lalu tertarik dan datang kembali ke saya dalam beberapa jam. Apa yang mereka lakukan adalah sangat berani," tambah dokter.

Atreja melihat keluarga sejak transplantasi berhasil, dan mereka tahu apa dampak positif keputusan tanpa pamrih besar mereka, karena telah membuat kehidupan dua pasientetap berlangsung.

Donor sendiri lahir dengan keadaan darurat, dan untuk mengeluarkan bayi tersebut dilakukan caesar, di Rumah Sakit Hammersmith di London Barat.

Bayi tersebut sakit parah dan terungkap bahwa, otaknya telah kekurangan oksigen selama kehamilan ibunya. Orangtua diberitahukan dokter, jika anak mereka tidak akan bertahan lama hidup.

"Sebuah rencana yang sangat cermat dan realistis telah disampaikan kepada orang tua. Mereka juga bertemu dengan psikolog di tempat kami, mengingat keputusan ini sangat sensitif. Mereka setuju untuk melakukannya," tambah dokter.

Mengungkap kasus tersebut, dokter menulis dalam jurnal medis: "Ini merupakan tonggak sejarah."

Ginjal sendiri berfungsi sepenuhnya di sekitar 37 minggu dalam rahim, sehingga dapat secara teknis bisa ditransplantasikan jika bayi telah lahir. Ginjal yang disumbangkan dapat tumbuh hingga 75 persen ke ukuran dewasa.

Donor termuda Inggris sebelumnya berusia lima minggu. Sekarang diharapkan kasus terbaru akan menyebabkan lebih banyak sumbangan dari bayi baru lahir, yang meninggal dalam unit neonatal. (Mirror.co.uk)

Related Posts

0 comments:

Post a Comment