Tomat Ini Mampu Tumbuh Seberat Satu Kilogram Setiap Buahnya

shares

Tomat Gigantomo.
SAUNG99 - Toamt merupakan sayur yang mempunyai manfaat segudang. Banyak sekali penelitian mengungkapkan, jika tomat mampu menangkal berbagai macam penyakit dan juga mengobatinya. Mulai dari penyait flu hingga penyakit kanker sekalipun.


Tetapi jika melihat ukurannya yang kecil, banyak sekali yang menggunakan tomat sebatas pelengkap saja, seperti pada pembuatan sayur sebagai teman makan. Atau juga pelengkap dalam membuat sambal, sehingga rasanya menjadi lebih segar.

Buah yang memiliki warna merah ini, cenderung memiliki besar sekepal tangan anak-anak. Tetapi jika Anda melihat tomat yang satu ini, mungkin akan berdecak kagum, pasalnya ukurannya yang tidak biasa, yaitu mampu memenuhi satu buah piring ukuran besar.

Salah satu petani berhasil mengembangkan anakan pohon tomat, yang diberi nama Gigantomo, yang bisa tumbuh hingga mencapai panjang 30 centimeter dan berat sekitar satu kilogram perbuahnya. Ini berarti 12 kali lipat dari ukuran normal buah tomat.

Tomat ini dikembangkan oleh petani di Inggris, dan dijual sebelum musim semi tiba. Tomat ini juga mampu memenuhi menu empat orang.

Tidak mudah mengembangkan tomat yang mempunyai ukuran jumbo dan berwarna merah segar ini. Setidaknya diperlukan waktu dua dekade atau 20 tahun penelitian, yang dilakukan oleh petani di Amerika dan Inggris.

Masing-masing tanaman tomat mampu tumbuh hingga lebih dari satu meter, dan hanya 11 tomat yang bisa berkembang sempurna menjadi ukuran yang diinginkan setiap pohonnya.

"Ini sangat sederhana, Gigantomo adalah toat terbesar yang bisa ditanam secara komersil. Setiap pohon akan menghasilkan 9-11 tomat dengan ukuran seragam, untuk menanamnya, perlu penahan buah saat tumbuh agar tidak tumbang pohonnya," ucap Crawford peneliti anakan pohon tomat yang berasal dari Iggris.

Selain itu, tomat ini juga tahan terhadap berbagai penyakit tanaman. Karena di desain sebagai pohon yang tidak bisa disentuh oleh serangga berbahaya.

Namun apakah tomat Gigantomo ini akan tersedia secara internasional, itu masih belum dijelaskan lebih lanjut. Karena tomat ini baru tersedia hanya di Inggris untuk saat ini. (Mail Online)

Related Posts

0 comments:

Post a Comment