Uunartoq, Kolam Pemandaian Air Panas dari Zaman Viking

shares

Kolam pemandian air panas di Uunartoq.
SAUNG99 - Kolam air panas sangat berlimpah di Greenland selatan, namun pulau Uunartoq adalah rumah bagi satu-satunya sumber air panas di dalam negeri, yang cukup hangat untuk mandi di dalamnya.

Pulau Uunartoq terletak di kota Kujalleq di Greenland selatan, dekat dengan pemukiman Alluitsup Paa. Pulau ini terletak di tengah antara Qaqortoq dan Nanortalik, dan dapat dicapai dalam satu hari perjalanan oleh kapal dari masing-masing dua kota tersebut.

Tersebar di seluruh pulau, sejumlah kolam dipenuhi oleh mata air panas, langsung dari bawah tanah dengan suhu air yang cukup nyaman antara 34-38 derajat Celcius. Bahkan selama musim dingin yang membeku, tempat ini tetap hangat.

Apa yang unik tentang Uunartoq adalah, air panas berada dalam lingkungan yang benar-benar alami di tengah lapangan rumput. Tidak ada tempat parkir beraspal dan bus, ada kompleks spa dengan produk tambahan yang mahal.

Satu-satunya struktur dibentuk oleh tangan manusia adalah jalan dan dua gudang sederhana yang berubah. Reruntuhan biara berdiri di dekatnya. Potongan gunung es melayang lepas pantai, dan banyak paus sering singgah perairan ini.

Air panas di Uunartoq telah dikenal selama setidaknya seribu tahun. Selama era Viking, para pemukim Norse membangun kolam-kolam dengan batu-batu di sekitar mata air, menciptakan spa abad pertengahan.

Ketika pemukim Norse menghilang, ras Thule, yang menjadi nenek moyang Greenland, kini mengambil alih. Reruntuhan Qerrortuut Inuit yang datang dari abad ke-19 ke-18, kini masih dapat ditemukan di pulau itu. (Amusing Planet)
Loading...

Related Posts

1 comments

  1. Di kampung aku (tarutung, tapanuli utara, Sumut) juga ada, namanya pemandian "Air Soda".

    ReplyDelete