Banyak Orang yang Salah Gunakan Sabun Antibakteri

shares

Mencuci tangan.
SAUNG99 - Meskipun digunakan secara luas, sabun antibakteri tampaknya memiliki sedikit atau tidak ada manfaatnya sama sekali, bagi banyak orang yang menggunakan di rumah. Hal ini dimungkinkan karena orang menggunakannya secara tidak benar.

Selama dua dekade terakhir, jumlah produk yang mengandung bahan-bahan antimikroba seperti triclosan dan triclocarban telah meningkat pesat. Lebih dari 2.000 produk telah dikeluarkan, pada tahun pada tahun 2014 saja. Produk ini termasuk sabun, deterjen, pakaian, pasta gigi, dan bahkan dot.

Akibatnya, banyak orang yang terkena bahan kimia ini, sekitar tiga-perempat orang di Amerika saja, terdeteksi triclosan dalam urin. Dengan demikian, Anda perlu tahu, bagaimana sebenarnya menggunakan sabun ini dengan baik.

Produk yang mengandung antibakteri, telah terbukti efektif dalam membunuh mikroorganisme di rumah sakit dan ruangan yang membutuhkan tingkat higienitas yang baik. Pasta gigi dengan triclosanmay, juga membantu orang dengan radang dan penyakit gusi.

Tapi ada sedikit bukti bahwa, produk ini lebih menguntungkan daripada sabun biasa untuk masyarakat umum.

Kurangnya manfaat, mungkin dikarenakan orang sering tidak menggunakan produk dengan benar. Untuk membunuh bakteri secara efektif, kita perlu untuk mencuci tangan dengan produk antibakteri selama 20 sampai 30 detik, tetapi studi menunjukkan bahwa rata-rata penggunaan sabun antibakteri hanya enam detik.

Terlebih lagi, penelitian menunjukkan jika mikroba dapat beradaptasi dengan baik pada bahan kimia ini, dan adaptasi ini dapat meningkatkan ketahanannya terhadap antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi. Dan beberapa studi pada hewan menunjukkan, bahan kimia ini mempengaruhi hormon dalam tubuhnya.

Peraturan penggunaan bahan kimia ini sangat penting, untuk mencegah penggunaan secara ceroboh. Bahkan, akhir tahun lalu, Food and Drug Administration mengatakan bahwa, bahan kimia antibakteri perlu dihapus dari produk perawatan pribadi, kecuali produsen dapat membuktikan bahwa bahan kimia ini aman dan efektif.

Para ahli juga menyarankan, jika penjualan triclosanand triclocarbancontaining hanya pada produk yang dijual di apotek saja, yang membutuhkan resep yang mengandung triclosan baik pada pasta gigi atau produk lainnya.

Jadi perlu diingat, cucilah tangan Anda setidaknya 20 detik, dan basuh sampai bersih. (Livescience.com)
Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment