Di Tempat Ini Fosil dari Zaman Es Banyak Ditemukan

shares


La Brea Tar Pits.
SAUNG99 - Pasti Anda pernah melihat Mammoth, kucing bertaring panjang, atau binatang unik lainnya di salah satu film Animasi. Ya di dalam film 'Ice Age," Anda akan melihat beberapa hewan yang memang berasal dari zaman es.

Walaupun film tersebut merupakan film animasi, tetapi bebarapa hewan di antaranya memang nyata adanya. Bahkan fosil-fosil mereka ada yang ditemukan sangat utuh, sehingga tidak sulit bagi peneliti untuk merekayasa seperti apa wujud asli binatang tersebut.

Salah satu tempat untuk menemukan fosil hewan terbaik dari zaman es ada di Los Angeles, tepatnya di La Brea Tar Pits. Di sini kita bisa menjelajah waktu, kembali ke zaman es di mana hewan-hewan yang tidak ada pada zaman sekarang ditemukan di sana.

Di sini hewan 'diawetkan' oleh alam secara alami, di lubang-lubang yang berisi tar. Tar sendiri merupakan sejenis aspal yang berasal dari minyak mentah yang fraksi ringannya menguap. Sedangkan komponen beratnya tidak ikut menguap, dan menjadi endapan yang sangat lengket.

Tar sendiri terbentuk bukan dalam waktu singkat, setidaknya dibutuhkan puluhan ribu tahun, agar terbentuk. Diyakini pada saat zaman es, tar sudah ada. Dan banyak hewan yang masa itu terjebak di dalamnya, sehingga diawetkan secara alami tanpa adanya kerusakan.

Selama berabad-abad, ratusan hewan telah terperangkap ke dalam lubang, terjebak dan tewas. Dikarenakan tar yang lengket lengket, mereka telah diawetkan dengan tulang-tulang yang utuh. Banyak dari hewan-hewan ini telah punah, sehingga tulang dan fosil dari lubang tar La Brea tak ternilai harganya.

Selama seratus tahun menggali, beberapa tulang yang ditemukan mewakili lebih dari 600 spesies hewan dan tumbuhan. Bahkan terdapat fosil dari tulang tikus, serangga, moluska, debu, biji, daun, dan bahkan serbuk sari, ditemukan di sana.

Saat ini La Brea menjadi tempat wisata pengetahuan yang cukup diminati, terutama bagi mereka yang ingin melihat kehidupan dunia hewan masa lampau. Anda tertarik untuk mengunjunginya? (amusingplanet.com)
Loading...

Related Posts

1 comments

  1. Wow, sungguh menakjubkan. Jadi kita bisa tahu hewan purba apa saja yang saat ini sudah punah.

    ReplyDelete