Ini Bahaya Mengonsumsi Teh Pada Tulang

shares

Flourosis tulang.
SAUNG99 - Teh merupakan minuman yang sehat, dan siapapun setuju dengan hal tersebut. Apalagi teh hijau, dan beberapa jenis teh lainnya yang dipercaya mampu menangkis beragam penyakit, bahkan penyakit ganas seperti kanker sekalipun.


Kandungan antioksidan di dalam teh, terbukti oleh barbagai ilmuwan mampu melawan sel-sel kanker, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi jika teh dipasukan dengan madu, maka khasiatnya akan semakin bertambah.

Tetapi Anda tetap perlu waspada, karena teh juga memiliki sisi negatifnya, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahaya konsumsi teh ini memang tidak terlacak dalam waktu singkat, tetapi butuh waktu yang lama.

Hal ini dialami oleh seorang wanita yang berumur 47 tahun, yang sejak umur 20 tahun 'kecanduan' minum teh. Tidak pernah seharipun ia lewatkan tanpa meminum teh, justru kebiasaannya tersebut malah membahayakan tubuhnya, terutama tulang-tulangnya.

Selama 17 tahun tersebut, wanita asal Michigan yang tidak disebutkan namanya tersebut, awalnya mengeluh kepada dokter, karena tulang-tulang pada bagian punggung, lengan, pinggul dan kakinya kesakitan selama lima tahun belakangan.

Dan setelah mendapatkan sinar X, ternyata pada wanita itu mengidap Fluorosis tulang, penyakit yang diakibatkan terlalu banyak mengonsumsi flouride. Tingkat flouride dalam tubuhnya empat kali lebih besar dari batas normal.

Flourosis tulang sendiri biasanya biasanya banyak ditemukan di India dan Tiongkok, yang memang banyak sekali mengonsumsi teh. Tetapi di Eropa dan Amerika sangat jarang terjadi.

Fluoride sendiri biasanya dikeluarkan secara alami oleh tubuh melalui ginjal. Tetapi jika terlalu berlebihan, maka akan membantuk endapat kristal di tulang.

Pelajaran penting dari kejadian ini adalah, selalu seimbangkan antara konsumsi air teh dan juga air putih. Karena bagaimana pun, minum teh secara berlebihan tidak baik bagi tubuh. Usahakan jika Anda suka dengan teh, konsumsi dua gelas sehari. (Livescience)
Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment