Berat Badan Berlebihan, Bayi Ini Terancam Kehilangan Nyawa

shares

Anak dengan obesitas. sumber
SAUNG99 - Memiliki bayi yang gemuk terkadang dambaan orangtua. Bayi akan terlihat lucu, dengan pipinya yang chubby. Sehingga orangtua akan senang memberikan makanan yang diminta anaknya, tanpa perhitungan yang matang.


Namun jika badan bayi terus meningkat, dalam waktu singkat, tentu harus menjadi perhatian bagi orangtua akan kesehatan buah hatinya. Karena bagaimana pun juga kesehatan menjadi yang paling utama bagi anak, dibandingkan berat badan yang tinggi.

Jangan sampai bayi Anda memiliki berat badan yang membahayakan jiwanya, seperti seorang bayi yang baru berumur sepuluh bulan, yang telah ditimbang dan mempunyai berat 18 kilogram. Sehingga membuatnya menjadi salah satu dari anak-anak terberat di dunia, untuk usianya.

Aliya Saleem yang berasal dari Jharkhand, India, lahir dengan berat badan 4,5 kilogram, sehingga relatif besar dibandingkan bayi-bayi lainnya. Kemudian ia mulai cepat, dan menambah berat badan dari usia empat bulan. Dan sekarang beratnya sama seperti seorang gadis biasa berumur enam tahun.

Orangtuanya khawatir tentang kesehatannya, anak pertama mereka meninggal di usia satu setengah tahun, setelah kenaikan berat badan sama seperti yang dialami Aliya.

Ibu bernama Shabana Parveen, mengatakan: "Beberapa bulan setelah kelahirannya, ia mulai mengalami kenaikan berat badan. Kami harus membelikannya sepasang pakaian baru setiap dua minggu, karena yang lama menjadi terlalu ketat baginya."

Berat yang besar, telah menempatkan kehidupan Aliya dalam bahaya, tapi keluarga tidak memiliki uang untuk mendapatkan perawatan medis yang cukup baik untuknya.

Ayahnya Mohammad Saleem mengatakan: "Kami telah mencoba yang terbaik, tapi kami hanya mampu membawanya ke rumah sakit setempat. Para dokter di desa tidak bisa memberitahu kami dengan jelas apa yang dia derita. Kami mengambil Aliya ke dokter di Ranchi. Setelah pemeriksaan dokter menyarankan agar kami pergi ke kota lain, tapi kami tidak mampu itu jadi kami tidak membawanya."

Namun, orang tua Aliya baru-baru ini berhasil mendapatkan konsultasi di Rumah Sakit Fortis di pinggiran Delhi, dalam upaya untuk mencoba dan mendapatkan berat badan yang ideal bagi Aliya.

Dr Krishan Chugh, kepala pediatri di Fortis, mengatakan: "Ini adalah bayi terberat di usia sepuluh bulan yang saya lihat. Ini bisa menjadi kasus obesitas morbid atau bahkan ketidakseimbangan hormon. Tapi kita perlu melakukan beberapa tes, sebelum membuat diagnosa yang tepat. Pengobatan tergantung pada diagnosis yang kita buat."

Rata-rata berat badan normal anak sepuluh bulan di Inggris adalah berkisar 9 kilogram, kurang dari setengah berat badan Aliya.
Aliya sendiri menimbulkan masalah bagi ibunya, yang harus berjuang untuk menahan dia di pangkuannya untuk waktu yang lama. Meningkatnya berat badan Aliya membuat orangtuanya gugup, terutama tentang masa depan keuangan mereka sendiri.

Asupan makanan sehari-hari, menurut ibunya, adalah tiga kali lipat dari anak normal, yang membuat keuangan keluarga tertekan. Tapi meskipun berat badannya terus meningkat, Aliya adalah bayi yang menjadi favorit di desa.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment