Lupakan Sengatan, Tawon Dementor Akan 'Menghisap Nyawa' Anda

shares

BeritaU - Pernah merasakan sengatan tawon? Tentu bukan hal yang menyenangkan, ketika tawon menyengat kita. Reaksi yang dihasilkan tubuh biasanya adalah demam atau panas, namun masih bisa ditoleransi jika hanya satu sengatan saja.


Tawon Dementor. Foto
Ada beberapa tawon di dunia ini yang terbilang sangat berbahaya, biasanya adalah tawon hornet, yang berasal dari Jepang. Tawon ini sering menghabisi koloni lebah madu dalam sekejap, bahkan beberapa kejadian menghilangkan nyawa manusia.

Namun kini, ternyata ditemukan jenis tawon yang lebih berbahaya dari jenis hornet. Tawon ini bahkan mampu 'mengisap nyawa.' Di namakan tawon dementor, adalah salah satu dari 139 spesies yang baru ditemukan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, tawon dementor ini hanya terdapat di sepanjang sungai Mekong di Asia tenggara. Tawon ini juga dikenal sebagai Ampulex Dementor--tawon berbagi nama dengan monster mengerikan dari novel Harry Potter, dilihat dari caranya menangkap dan melumpuhkan mangsa.

Setelah mencari mangsa yang ideal, tawon Dementor membunuh mangsanya dengan menyuntikkan racun ke dalam sistem saraf, yang dapat mengontrol gerakan mangsanya.

Tawon ini kemudian membawa mangsanya tersebut ke tempat yang aman, sebelum mengunyahnya.

Meskipun namanya menakutkan, Dementor Ampulux adalah salah satu dari banyak spesies yang menghadapi ancaman kepunahan, akibat kerusakan habitat atau perdagangan satwa liar ilegal, menurut laporan dari badan amal WWF.

Jati Seng, direktur konservasi WWF mengatakan: "ekosistem unik sungai Mekong benar-benar merupakan, memberikan perlindungan bagi harta karun berupa spesies langka, dan memberikan manfaat penting bagi jutaan orang di seluruh wilayah yang dilaluinya."

Para ilmuwan juga menemukan 90 tanaman baru, 23 reptil, 16 amfibi, sembilan ikan dan satu jenis kelelawar Pipistrelle, selama ekspedisi di sepanjang sungai Mekong tahun lalu.
Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment