Lebih dari 800 Galaksi Ditemukan dengan Kekuatan Misterius

shares

Galaksi dengan kekuatan misterius. Foto
BeritaU - Sesuatu yang berhubungan dengan dunia astronomi, terkadang membuat kita kagum, entah itu penemuan planet alien, lubang hitam, atau juga komunikasi dengan mahluk luar angkasa.

Kita kagum dengan kehidupan alam semesta ini, apalagi dengan jumlah galaksi yang jumlahnya hingga miliaran. Dan masih banyak hal-hal yang tidak kita ketahui di luar sana, apakah ada kehidupan layaknya bumi atau tidak.

Bahkan kini para astronom telah melihat sekitar 854 galaksi yang sebelumnya tersembunyi, dan mereka menamakannya 'galaksi ultra-gelap' yang ada di daerah yang dikenal sebagai Cluster Coma. Bahkan ada kekuatan misterius yang menyelimutinya.

Galaksi-galaksi tersebut tampak 'berbulu', yang dilihat oleh teleskop Subaru, yang sangat besar. Di mana beberapa ukurannya sama seperti galaksi Bima Sakti, tetapi galaksi-galaksi tersbeut memiliki kepadatan yang sangat rendah.

"Temuan menunjukkan bahwa galaksi ini muncul sangat menyebar dan sangat mungkin diselimuti oleh suatu kekuatan yang sangat besar," kata Jin Koda, PhD, peneliti utama studi dan Associate Profesor di Departemen Fisika dan Astronomi di Universitas Stony Brook.

Galaksi-galaksi tersebut mempunyai jarak lebih dari 300 juta tahun cahaya dari Bumi. Para ilmuwan mengatakan, galaksi seperti ini dapat menjelaskan evolusi galaksi terang yang kita lihat sekarang.

"Kami percaya bahwa sesuatu yang tak terlihat harus melindungi sistem bintang rapuh galaksi ini, sesuatu dengan massa yang tinggi," kata Dr Koda.

Komponen dari materi yang terlihat, seperti bintang, dihitung untuk berkontribusi hanya satu persen atau kurang dari total massa setiap galaksi. Sisanya adalah materi gelap yang menyumbang lebih dari 99 persen.

Lalu apakah ada kehidupan di sana? Mungkin kita membutuhkan teleskop yang lebih canggih dari yang saat ini ada, untuk membuktikannya.
Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment