Objek Terbesar yang Pernah Dipindahkan Manusia

shares

Platform Troll. Foto
BeritaU - Membangun gedung pencakar langit mungkin mudah dilakukan saat ini. Membangun monumen tinggi dan megah, tidak akan kesulitan. Apalagi ditambah dengan teknologi alat berat saat ini, yang memungkinkan semuanya terjadi jika dilakukan di darat.


Tetapi membangun sebuah benda atau bangunan di laut, mungkin kita akan kesulitan. Bahkan tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat dan cepat. Salah satu caranya adalah membangun benda tersebut di darat dan memindahkannya.

Lalu bangunan terbesar apa yang pernah dipindahkan manusia dari darat ke laut? Dan berapa waktu yang dibutuhkannya untuk memindahkannya? Inilah platform Troll, sebuah platform gas alam yang berada di lepas pantai Troll, barat Norwegia.

Platform ini memiliki berat sekitar 1,2 juta ton, dengan tinggi 472 meter atau lebih tinggi dari menara Eiffel, dan struktur beton bawah air mencapai ketinggian 369 meter, dengan berat kering 656.000 ton. Platform Troll adalah bagian megah desain dan konstruksi.


Platform Troll yang berdiri megah.
Tidak hanya sebagai salah satu yang terbesar dan proyek rekayasa paling kompleks dalam sejarah, objek tersebut adalah yang terbesar yang pernah dipindahkan oleh manusia di seluruh permukaan bumi.

Platform ini pernah menjadi sensasi di televisi ketika ditarik ke Laut Utara pada tahun 1996, di mana sekarang dioperasikan oleh Statoil.

Biasanya, kaki-kaki sebuah platform akan diangkut kemudian di tempat kan di posisinya seperti puzzle. Dalam platform Troll, seluruhnya dibangun di satu lokasi, dan kemudian ditarik ke laut.

Platform Troll ditarik lebih dari 200 kilometer dari tempatnya dibangun, di bagian utara dari Rogaland. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar tujuh hari, untuk menempatkannya di posisi yang telah ditentukan.

Platform ini berdiri 303 meter di bawah permukaan laut, dan salah satu 'kaki silinder beton' memiliki lift yang bisa membawa lebih dari sembilan menit dari atas hingga ke dasar laut. Dinding kaki paltform Troll memiliki tebal lebih dari 1 meter tebal dan terbuat dari baja beton bertulang.

Pada tahun 1996, platform ini tercatat di Guinness World Record untuk 'platform yang gas lepas pantai terbesar.' Tapi sekarang kategori ini menjadi milik Petronius platform di Teluk Meksiko yang berdiri setinggi 610 meter dari dasar laut.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment