Tips Membedakan Telur yang Berasal dari Ayam Sakit

shares

Telur ayam. Foto
BeritaU - Telur telah menjadi salah satu makanan favorit. Baik untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam. Bukan tanpa alasan, telur adalah sumber protein yang cukup terjangkau harganya, tidak seperti daging yang harganya mahal.

Tetapi, makan telur terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan, karena telur menjadi salah satu sumber kolesterol yang cukup tinggi, terutama di bagian kuning telur. Dan dianjurkan untuk mengonsumsinya satu butir dalam sehari.

Namun, kepopuleran telur menjadikan banyak produsen telur untuk berbuat curang. Setelah ditemukannya telur sintetis asal negeri Tirai Bambu, tak jarang kita juga tidak mengetahui telur yang berasal dari ayam sakit.

Tentunya itu sangat buruk bagi kesehatan. Apalagi jika Anda sebang dengan suka telur goreng, orak-arik, atau direbus.

Lalu pertanyaannya adalah, bagaimana memastikan Anda bahwa telur yang Anda konsumsi layak dimakan dan berasal dari ayam yang sehat?

Berikut adalah ciri-ciri telur ayam yang sehat, bukan berasal dari ayam yang sakit, yang kami kutip dari healthyfoodteam:

1. Ketebalan dan kepadatan cangkang: Telur harus cukup sulit untuk retak, dan itu membuatnya benar-benar sehat.

2. Warna kuning telur: Kuning telur harus berwarna oranye, bukan kuning atau kuning lebih gelap.

3. Ketebalan kuning telur: Anda harus juga melihat ketebalan kuning telur ketika menentukan kualitas telur. Kuning dari ayam yang sehat cenderung lebih tebal dan bulat. Ini berarti rasa yang lebih baik dan nutrisi lebih banyak.

Jika Anda menemukan sesuatu yang berbeda dari ciri-ciri di atas, lebih baik Anda tidak mengonsumsi telur ayam tersebut. Karena bagaimana pun, virus atau bibit penyakit yang ada di dalam telur bisa menular kepada Anda.

Apalagi saat ini marak penyakit flu burung yang berasal dari unggas, terutama ayam. Maka sebaiknya Anda mulai untuk peduli terhadap kesehatan. Hidup sehat itu mudah kok. 
Loading...

Related Posts

1 comments