Sokushinbutsu, Praktik Mumifikasi Diri Sendiri yang Aneh

shares

Biksu yang berhasil menjadi mumi dari proses Sokushinbutsu. Foto
BeritaU - Tersebar di seluruh utara Jepang sekitar prefektur Yamagata, terdapat dua lusin mumi biarawan Jepang yan dikenal sebagai Sokushinbutsu, yang menyebabkan kematian mereka sendiri dengan cara aneh yang membuat diri mereka menjadi mumi.

Praktik ini pertama kali dirintis oleh seorang biksu bernama Kuukai, lebih dari 1.000 tahun yang lalu di kompleks candi Gunung Koya, di perfektur Wakayama.

Kuukai adalah pendiri sekte Shingon, yang merupakan sekte yang muncul dengan ide pencerahan melalui hukuman fisik. Tubuh mereka akan menjadi mumi setelah sepuluh tahun. Dan diyakini bahwa ada ratusan biksu yang mencoba cara ini. Bagaimana mereka melakukannya?

Proses yang rumit dimulai dengan 1.000 hari makan makanan khusus yang terdiri dari kacang-kacangan dan biji-bijian, hingga lemak tubuh mereka menyusut. Mereka kemudian hanya makan kulit dan akar selama seribu hari, dan mulai minum teh beracun yang dibuat dari getah pohon Urushi.

Dengan minum terh tersebut, menyebabkan mereka muntah dan kehilangan cairan tubuh dengan cepat, dan yang paling penting, itu membuat tubuh buksu ini terlalu beracun untuk dimakan oleh belatung.

Akhirnya, seorang biarawan yang memumifikasi dirinya akan mengunci diri dalam kuburan batu  yang ukurannya hampir tidak lebih besar dari tubuhnya, di mana dia tidak akan bergerak dari posisi lotus. Setiap hari ia membunyikan lonceng, untuk memberi tahu orang-orang di luar bahwa dia masih hidup.

Ketika lonceng berhenti berbunyi, makam langsung disegel. Setelah makam itu disegel, para biarawan lain di kuil akan menunggu selama 1.000 hari, dan membuka kuburannya untuk melihat apakah proses mumifikasi tersebut berhasil.

Jika biksu telah berhasil menjadi mumi, mereka segera dilihat sebagai Buddha dan dimasukkan ke dalam kuil, meskipun biasanya ada bagian tubuh yang membusuk.

Sebelum menjadi mumi, biksu ini memiliki aksesoris sebelum kematiannya. Praktik ini sekarang dilarang oleh pemerintah Jepang, dan tidak dilakukan hingga hari ini.
Loading...

Related Posts

4 comments:

  1. keyakinan terkadang membuat manusia berbuat di luar akal pikiran kita sendiri seperti prosesi bunuh diri dengan cara menyakitkan yang panjang.

    ReplyDelete
  2. SEJAK DULU NENEK MOYANG ORANG JEPANG SUDAH NGAJARIN BUNUH DIRI...

    ReplyDelete