Ini yang Terjadi Pada Tubuh ketika Kurang Tidur

shares

Gangguan tidur. Foto
Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia, bahkan mahluk hidup lainnya. Saat kita terlelap di malam hari, tubuh akan melakukan proses detoksifikasi dan juga regenarasi sel-sel di dalam tubuh.

Namun ternyata, tidak setiap orang mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas, baik dari waktu, tempat tidur, atau masalah gangguan lainnya. Bahkan banyak yang masih mengalami gangguan tidur.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 30 persen dari orang dewasa tidur kurang dari enam jam dalam semalam. Meskipun tidur yang direkomendasikan adalah setidaknya tujuh jam, untuk menjaga pikiran dan tubuh tetap sehat.

Lalu apa yang terjadi pada tubuh, jika Anda kekurangan tidur? Dilansir dari Yahoo healthy telah membuat sebuah infographic yang berguna, di mana menjelaskan semua alasan jika Anda kekurangan tidur di malam hari, seperti penampilan Anda, suasana hati, kesehatan.


Pertama pada bagian kepala, terutama pada bagian otak,Anda akan sulit untuk membuat keputusan, berkonsentrasi dan juga mengingat sesuatu hal. Bahkan reaksi Anda akan lambat dalam menangkap segala sesuatunya. Maka tidak heran, jika banyak yang 'tulalit' jika kurang tidur.

Kedua pada bagian kulit ANda, kerutan dan garis-garis akan mulai muncul. Tentunya bagi wanita, tentu hal tersebut tidak ingin terjadi bukan.

Berikutnya pada bagian mata Anda. Mata akan terlihat merah, kantung mata akan terbentuk dan bagian bawah mata akan terlihat gelap. Tentunya ini adalah kelelahan yang terlihat secara kasat mata.

Selanjutnya beralih ke imunitas, atau kekebalan tubuh Anda yang akan berkurang. Bahkan Anda akan sulit untuk merespon infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Anda akan mudah sakit, karena kurang tidur.

Dan yang terakhir adalah nafsu makan yang akan bertambah, sementara metabolisme tubuh berjalan lambat, yang ujung-ujungnya Anda bisa terjangkit obesitas atau kegemukan. Ini berguna bagi Anda yang sedang diet, untuk setidaknya tidur sekitar delapan jam seharinya.

Semoga bermanfaat.
Loading...

Related Posts

1 comments

  1. BETUL SEKALI....

    INI NIH TIPS BIAR GAK KURRANG TIDUR ....

    http://goo.gl/XotaOz

    ReplyDelete