Mana yang paling Sehat, Cacao atau Cocoa?

shares

Cacao vs Cocoa. Foto
Ada penelitian yang menunjukkan bahwa cokelat, terutama cokelat hitam, begitu kaya manfaat bagi kesehatan yang membuatnya menjadi superfood. Namun rasanya yang pahit, tidak membuat cokelat hitam populer.

Seringkali kita membeli dan mengonsumsi cokelat yang sudah diolah dengan bahan-bahan lain, seperti susu, ditambah gula atau pemanis, dan juga dengan perpaduan rasa lainnya, yang membuat selera memakan cokelat bertambah.

Tetapi tahukah Anda saat membeli cokelat di pasaran, jika ada cokelat yang disebut cacao dan cocoa? Lalu apa bedanya dan juga menfaatnya bagi kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan yang pertama adalah dalam proses produksi. Sementara Cacao dibuat dari biji kakao mentah yang diolah dan dipanggang pada suhu tinggi. Cacao mempertahankan semua antioksidan dalam proses produksinya, sementara cocoa kehilangan banyak antioksidan dalam proses pemanggangannya pada suhu tinggi.

Apalagi, sebagian besar dari produsen saat ini menambahkan gula atau sirup jagung fruktosa yang sangat tinggi, dan menggunakan lesitin kedelai sebagai emulsifier sehingga kandungan gizi dalam cocoa berkurang.

Untuk membedakannya, selain dari komposisi bisa melihat warnanya yang semakin gelap coklat, maka cokelat akan mengandung cacao yang tinggi dan semakin sehat.

Setidaknya cokelat hitam biasanya mengandung setidaknya 65 persen cacao, yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Hindari mencampur cokelat hitam dengan bahan-bahan lain, jika Anda membutuhkan khasiatnya, meskipun rasanya akan lebih pahit dari cokelat kebanyakan.

Dan juga hindari mencampurnya dengan susu, karena banyak orang tidak tahu fakta bahwa susu menghambat penyerapan antioksidan dari cacao. Itu sebabnya, membuat coklat sendiri menggunakan bahan-bahan tanpa susu adalah cara terbaik untuk menjaga semua manfaat cacao.

Cacao memiliki kandungan antioksidan per 100 gram lebih tinggi dibandingkan dengan Acai, goji berry dan blueberry. Juga, mineral sangat berlimpah seperti magnesium, zat besi, kalium, kalsium, seng, tembaga dan mangan.

Cacao juga kaya flavonoid, terutama, epicatechin dan quercetin, yang memiliki sifat melawan kanker.

Berikut 7 manfaat kesehatan dari Cacao:
1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke
2. Meningkatkan penglihatan
3. Melindungi sistem saraf Anda
4. Meningkatkan memori
5. Mencegah kanker
6. Mengurangi tekanan darah
7. Meningkatkan mood Anda

jadi, Anda kini tahu, mana cokelat yang benar-benar sehat dan bermanfaat dan mana yang tidak. Jangan hanya tergiur dari rasanya saja, tetapi pertimbangkan juga dari segi kesehatan saat mengonsumsi cokelat.


Related Posts

0 comments:

Post a Comment