Misteri Pantai dengan Ombak Mirip Gergaji

shares

Pantai dengan tepi mirip gergaji. Foto
Pantai merupakan tempat populer untuk berlibur, maka tidak heran jika musim liburan datang maka banyak pantai yang akan diburu wisatawan. Banyak sekali pantai yang bisa Anda kunjungi, dari mulai berombak kecil hingga besar yang digunakan untuk berselancar.

Demikian juga dengan pasir di pantai, ada yang berwarna merah, hitam, dan yang unik pantai berpasir pink atau merah muda. Tetapi jika Anda melihat pantai yang satu ini mungkin akan heran dan aneh, karena ombaknya berbentuk seperti gergaji.

Di mana ombak yang datang ke pantai tidak rata, dan membentuk sebuah garis melengkung. tetapi ombak di pantai ini ada yang yang runcing dan tidak, jika dilihat dari kejauhan layanya gergaji. Mengapa bisa demikian?

Pantai ini adalah salah satu formasi alam paling aneh di tepi air. Ombaknya terdiri dari pola berirama, di mana di sebagian titik akan runcing yang dibentuk oleh dua busur berpotongan.

Pada bagian yang runcing, mengandung sedimen butiran halus. Garis pantai ini memiliki bahan kasar seperti kerikil.

Diperkirakan, jika gelombang laut yang menyebabkan pembentukan pantai ini, yang sepenuhnya tidak bisa dipahami. Panjang garis pantai yang membentuk pola seperti gergaji adalah 60 meter.

Pantai ini telah menjadi subyek perdebatan yang cukup panjang, oleh para penelitian selama setidaknya 50 tahun terakhir. Pertanyaannya adalah, apakah pola ini dikarenakan oleh gelombang, atau  tepi pantai yang tidak lurus.

Belum ada jawaban yang pasti hingga sekarang, mengapa pantai ini bisa membentuk pola seperti gergaji.
Loading...

Related Posts

3 comments:

  1. yaampun lokasi pantai ga disebutkan OMFG..... kebayang ga sih kalau misalnya pantai ini terletak di jepang atau korea pasti ditulis besar besar "pantai yang berasal dari JEPANG/KOREA ini..." so pathetic

    ReplyDelete