Kisah Danau di Gurun yang Muncul dalam Semalam

shares

Lac de Gafsa. Foto
Mehdi Bilel saat itu baru kembali pulang, setelah menghadiri pernikahan di utara Tunisia ketika ia melihat sebuah danau besar berkilauan di bawah terik matahari, di tengah-tengah gurun yang kering, sekitar 25 kilometer dari kota Gafsa.

Ia diam tertegun. Danau tersebut itu tidak ada beberapa hari yang lalu. Pada awalnya dia pikir dia berhalusinasi, karena telah berjalan selama beberapa jam lamanya tanpa istirahat, dan panas bisa membuat fatamorgana.

Tapi ia tidak membayangkan hal-hal lainnya, dan setelah didekati, danau ini benar-benar nyata entah dari mana asalnya.
Lac de Gafsa.
Berita tentang danau misterius ini pun langsung menyebar, seperti api di padang ilalang. Dan ratusan orang di Tunisia berbondong-bondong melihat apa yang sekrang dikenal sebagai "Lac de Gafsa" atau pantai Gafsa, untuk sekedar berenang di suhu 40 derajat Celcius di kawasan kering itu.

Kejadian ini berlangsung pada Agustus 2014, di mana Tunisia berada di tengah-tengah kekeringan, yang membuat kemunculan danau ini lebih misterius.

Asal pembentukan danau ini tidak jelas. Penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa, ada gempa kecil yang memecahkan batu, sementara di bawahnya terdapat air yang muncul ke permukaan. Danau ini sendiri memiliki lebar 10 sampai 18 meter.

Ini Danau Paling Berbahaya di Dunia

Danau misterius itu telah menjadi daya tarik utama di daerah kering tersebut. Namun, berenang di sini penuh berisiko, karena air terkontaminasi dengan fosfat.

Wilayah Tunisia selatan sendiri kaya akan fosfat, dan sejak ditemukan pada tahun 1886, Gafsa telah menjadi pusat industri pertambangan negara itu.

Senyawa fosfor digunakan untuk memproduksi pupuk, pestisida, dan deterjen, serta senjata kimia. Dengan kata lain, semua hal yang berbahaya dibuat dari fosfat. Selain itu, fosfat juga meninggalkan residu radioaktif. Ini berarti, bahwa jika danau terkontaminasi, air bak radioaktif dan menjadi karsinogenik atau penyebab kanker.

Sekitar dua minggu setelah kemunculan danau ini, kantor Keamanan Publik di Gafsa memperingatkan penduduk setempat untuk tidak berenang di danau tersebut, tetapi hanya sedikit yang memperhatikan peringatan tersebut. Banyak orang yang masih datang ke danau ini untuk berenang dan mendinginkan badan dari panasnya gurun.


Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment