9 Alasan Anda Harus Bangun Lebih Pagi

shares

Matahari pagi. Foto
"Pergi ke tempat tidur lebih awal membuat seorang pria sehat, kaya dan bijaksana," sebuah kutipan dari Ben Franklin ini, mungkin bisa memotivasi Anda betapa pentingnya bangun lebih pagi dari biasanya.

Apalagi bagi Anda umat muslim, ada kewajiban yang harus dilakukan saat shubuh menjelang sekitar pukul 4:30, yaitu salat Shubuh. Tapi selain kewajiban tersebut, banyak sekali manfaatnya bangun lebih pagi.

Namun saat ini, tidur lebih cepat akan sulit dilakukan, apalagi jika Anda membawa perangkat seperti smartphone di samping tempat tidur Anda. Tetapi Anda perlu tahu, apa saja manfaatnya bangun lebih pagi.

Promosikan Mal, Pengelola Gunakan Model Berbikini

Berikut adalah 9 manfaat jika Anda bangun lebih pagi, yang kami kutip dari Business Insider:


1. Menyapa hari

Sapalah hari baru yang indah, di mana Anda akan melakukan aktivitas seharian. Terinspirasi oleh Dalai Lama, yang mengatakan, "Setiap hari, berpikir seperti yang Anda bangun," hari ini saya beruntung telah terbangun, dan masih hidup, lalu tidak akan menyia-nyiakannya.

Berpikirlah saya akan menggunakan semua energi untuk mengembangkan diri, untuk memperluas hati kepada orang lain, mencapai pencerahan untuk kepentingan semua makhluk.

2. Hari yang menakjubkan

Jika Anda selalu tergesa-gesa saat telat bangun, maka hari-hari yang Anda lalui akan buruk. Apalagi jika banyak pekerjaan di rumah yang harus Anda lakukan, seperti menyiapkkan sarapan, mencuci pakaian atau mengantar anak-anak ke sekolah.

Tetapi jika Anda bangun lebih pagi, maka semuanya akan terasa ringan. Dan banyak waktu yang bisa Anda gunakan untuk melakukan-hal-hal penting lainnya dengan tenang.

3. Sepi

Tidak ada anak-anak berteriak-teriak, tidak ada bayi yang menangis, tidak ada deru mobil, tidak ada suara televisi. Pagi hari begitu damai, begitu tenang. Saatnya melakukan hal favorit Anda di pagi hari.

4. Sinar matahari

Orang-orang yang bangun terlambat, akan kehilangan salah satu manfaat terbesar dari alam, yaitu kemunculan matahari dan sinarnya yang bermanfaat. Anda harus melihat bagaimana perlahan-lahan langit cerah, dari gelap menjadi terang, yang bisa membuat Anda nyaman.

5. Sarapan

Bangun lebih awal akan memberikan Anda waktu yang banyak untuk menyiapkan sarapan favorit dan sehat. Tanpa sarapan, tubuh Anda akan tidak bersemangat dan kehilangan gairah untuk beraktivitas.

6. Olahraga

Melakukan aktivitas latihan selain pagi, tentu saja bisa Anda lakukan, tapi berolahraga sebelum bekerja juga sangat menyenangkan dan bisa membuat tubuh Anda segar seharian.

7. Produktivitas

Pagi menjadi kunci penting produktivitas Anda, jika Anda semangat maka dipastikan akan lebih produktif lagi. Anda bisa mengcek email atau hal-hal penting lainnya dengan santai.

8. Perjalanan ke kantor

Jika Anda tidak suka lalu lintas di jam sibuk, maka ada baiknya Anda berangkat lebih pagi. Di mana lalu lintas akan jauh lebih lengang, dan Anda bisa terhindar dari stres. Selain itu, jika Anda ingin hidup lebih sehat bisa pergi ke kantor menggunkan sepeda.

9. Menepati janji

Anda bisa mengecek jadwal atau janji yang telah dibuat. Dengan bangun lebih awal, maka apapun janji yang telah Anda tentukan bisa ditepai. Apalagi jika itu menyangkut pekerjaan yang sangat penting.

5 Kesalahan Kesehatan yang Dibuat Pagi Hari

Lalu bagaimana agar bisa bangun lebih awal?

Jangan membuat perubahan drastis. Mulai perlahan-lahan, dengan bangun sekitar 15-30 menit lebih awal dari biasanya. Lakukan kebiasaan ini selama beberapa hari. Kemudian bangun lebih awal lagi sekitar 15 menit. Lakukan ini secara bertahap, sampai Anda mendapatkan waktu yang diinginkan.

Semoga bermanfaat...


Related Posts

1 comments

  1. Betul setuju, bangun lebih pagi bikin tubuh tetap segar, sehat dan berenergi. Salam sehat yah,,,

    ReplyDelete