Orang Terkaya di Dunia adalah Seorang Muslim

shares

Ilustrasi Mansa Musa Keita I. Foto
Membicarakan kekayaan, setiap orang pasti ingin memiliki harta berlimpah. Dan jika ditanya siapa yang memiliki harta berlimpah di dunia ini, pikiran kita akan tertuju kepada sosok Bill Gates, Warren Buffet dan orang-orang di negara barat lainnya.

Namun tahukah Anda siapa orang paling kaya di dunia ini sepanjang sejarah? Tentu tidak semua orang tahu akan sosoknya. Apalagi beliau sudah tidak ada di dunia ini, dan hidup berabad-abad silam.

Perkenalkan Mansa Musa Keita I. Lalu siapa orang paling kaya di dunia sepanjang sejarah peradaban dunia? Dan di mana ia tinggal? Berikut penjelasannya.

Ingin Kaya, Pria 'Kubur' Pacarnya Selama 8 Bulan

Ia adalah seorang raja dari kerajaan Mali, yang namanya saat ini tidak begitu familiar. Kekayaannya berasal dari industri perdagangan emas yang pesat pada saat itu. Ia sendiri berasal dari Afrika dan seorang muslim.

Saking kayanya, menurut majalah TIME, kekayaannya tidak pernah terhitung dan tidak bisa ditafsirkan. Bahkan jika dibandingkan dengan orang terkaya saat ini, Carlos Slim, yang memiliki kekayaan sekitar US$ 68 miliar, masih kalah dengan kekayaan Mansa.

Mansa sendiri memerintah sekitar tahun 1312, di kala benua Eropa sedang dalam masa peperangan saat itu. Namun ia berhasil membawa Afrika ke dalam kemajuan yang sangat pesat.

Kerajaan Mali pada saat itu mencakup beberapa negara yang saat ini terpisah-pisah, di antaranya Mauritania, Senegal, Gambia, Guinea, Burkna Faso, Mali, Nigeria, dan Chad.

Bahkan saat ia pergi berhaji ke Makkah, ia membawa rombongan yang terdiri dari ribuan kereta kuda yang membawa perhiasan dan batang-batang emas serta dikawal oleh puluhan ribu orang.

Ia tidak segan-segan menyedekahkan kekayaannya kepada setiap fakir miskin, yang ditemui di dalam perjalanannya berhaji.

Miris, Tembok Ini Bedakan Warga Miskin Dan Kaya

Selain itu, ia juga membangun pusat-pusat pendidikan agam di wilayah kekuasaannya dan masjid yang masih bisa digunakan hingga saat ini.


Related Posts

0 comments:

Post a Comment