Enam Alasan Penting jangan Buang Kulit Semangka

shares

Kulit semangka. Foto
Semangka merupakan salah satu buah yang cukup menyegarkan, apalagi dikonsumsi di saat cuaca panas atau haus. Buah yang satu ini mengandung banyak sekali air di dalamnya, yang membuatnya sangat segar.

Selain itu, buah yang biasa berwarna merah ini mengandung nutrisi penting, antioksidan, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, dan dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Biasanya ada beberapa bagian semangka yang kita buang, seperti biji dan juga kulitnya. Namun siapa sangka, jika kulit semangka yang cukup keras memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan.

Apa Yang Terjadi Jika Garam Cair Dimasukkan Ke Dalam Semangka?

Kita umumnya membuang bagian ini, karena tidak tahu manfaatnya. Padahal kulit semangka kaya akan vitamin A, C dan B6, magnesium, potassium dan seng. Selain itu, penelitian telah membuktikan bahwa 95 persen nilai gizi semangka sebenarnya ditemukan dalam kulit.

Lantas apa saja itu? Berikut enam manfaat kulit semangka yang kami kutip dari Healthy Food Team:

1. Semangka Meningkatkan Massa Otot

Kulit semangka tinggi akan citrulline dan asam amino yang dibutuhkan otot setelah Anda berolahraga. Oleh karena itu, Anda dapat mengambil beberapa bagian kecil kulit semangka dan mengonsumsinya. Anda juga bisa menambahkannya ke dalam salad, dengan memotongnya menjadi bagian-bagian kecil atau tipis.

2. Meningkatkan Libido Anda

Kandungan citrulline yang tinggi, secara alami dapat meningkatkan gairah kehidupan ranjang Anda. Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa,, citrulline juga bermanfaat untuk disfungsi ereksi ringan. Anda bisa mengonsumsinya seperti di atas.

3. Menurunkan Berat Badan

Kulit semangka adalah sumber serat. Hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mencegah makan berlebihan. Selanjutnya, kulit semangka memiliki sifat diuretik yang dapat membantu Anda menghilangkan kelebihan air dari tubuh.

4. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Kulit semangka kulit memiliki kemampuan untuk mengatur tingkat tekanan darah dengan menghilangkan kelebihan air. Menurut penelitian, ekstrak kulit semangka efektif dalam menjaga tekanan darah normal pada orang dewasa.

5. Membantu Sistem Urinary

Kulit semangka memiliki kemampuan untuk mencegah infeksi saluran kemih. Selain itu, dapat melestarikan fungsi ginjal yang normal, karena dapat meningkatkan produksi urin dan menjaga saluran kemih yang sehat. Jangan lupa untuk minum 8 sampai 12 gelas air sehari.

6. Membantu Mencegah Tumbuhnya Kanker Mematikan

Lycopene adalah senyawa yang sangat bermanfaat yang ditemukan di dalam kulit semangka. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa, lycopene dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 34 persen. Lycopene juga melindungi dari kanker jenis lain, seperti lambung, pankreas, usus besar, esofagus dan kanker leher rahim.

Sakit Gigi, Pasien Ini Kejutkan Dokter

Kesimpulannya, semangka bersama-sama dengan bagian-bagiannya sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memasukkan buah ini dalam diet harian Anda.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment