Misteri Ribuan Kunang-kunang Muncul di Hutan

Kunang-kunang. Foto
Apakah Anda pernah melihat kunang-kunang? Mungkin akan sulit bagi mereka yang tinggal di perkotaan, untuk melihat serangga yang mengeluarkan cahaya ini muncul di malam hari ini.

Banyak mitos seputar kemunculan kunang-kunang, yang biasa disebut sebagai kuku orang yang meninggal. Namun tentu itu tidak benar, karena kunang-kunang memiliki kemampuan untuk menghasilkan cahaya.

Biasanya kita akan melihat hanya sekelompok kecil kunang-kunang. Tetapi bagaimana jika ada ribuan kunang-kunang muncul dalam satu wilayah? Tentunya ini menjadi fenomena yang misterius.

Ini Alasannya Kecoa Masih Hidup Meskipun Terinjak

Dalam beberapa minggu pertama Juni, pengunjung di Great Smoky Mountains of Tennessee timur, Amerika Serikat, mendapatkan tontonan alam yang langka, di mana ribuan kunang-kunang datang serempak seperti string lampu Natal yang menggantung di udara malam.

Kunang-kunang.
Kunang-kunang sebenarnya kumbang bersayap yang menggunakan bioluminescence selama senja, untuk menarik pasangan. Lampu ini diproduksi di perut mereka, di mana serangga menggabungkan luciferin kimia dengan luciferase enzim menjadi ion magnesium dan oksigen untuk menghasilkan cahaya.

Hampir seratus persen dari energi yang dihasilkan dalam reaksi kimia, diubah menjadi cahaya. Sebagai perbandingan, sebuah bola lampu pijar mengkonversi hanya 10 persen dari energi menjadi cahaya dan sisanya 90 persen dilepaskan sebagai panas. Karena tidak adanya panas, cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang disebut "cahaya dingin".

"Ini seperti berada di sebuah stadion raksasa. Jika semua orang berteriak kalimat yang sama persis secara acak, tidak masuk akal. Tapi kalau semua orang mensinkronisasikan, Anda dapat memberitahu yang lebih dekat dan siapa yang lebih jauh," jelas Marc Branham, seorang ahli biologi di University of Florida dikutip dari Amusing Planet.

Kabur, Jika Anda Bertemu Serangga yang Satu Ini

Kunang-kunang umumnya ditemukan di sepanjang tepi sungai di hutan-hutan Asia Tenggara dari Malaysia hingga Filipina, di mana mereka kawin sepanjang tahun. Di belahan barat, di Great Smoky Mountains, periode kawin sangat singkat dan hanya berlangsung sekitar dua minggu setiap tahun. Itulah sebabnya ribuan kunang-kunang muncul secara bersamaan.

Loading...

0 Response to "Misteri Ribuan Kunang-kunang Muncul di Hutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel