Jangan Buang Kulit Nanas, Kenali Manfaat 'Ajaibnya'

shares

Kulit nanas.
Nanas adalah salah satu buah yang banyak sekali manfaatnya. Rasanya yang manis dan sedikit asam, membuat kita segar jika dikonsumsi di siang hari. Bahkan ada varian nanas yang rasanya manis seperti madu.

Saat kita mengonsumsi buah nanas, maka kita akan membuangg kulitnya. Apalagi kulit nanas cukup tebal, keras dan juga tajam, dan bisa membuat tangan kita terasa gatal.

Tapi tahukah Anda, jika kulit nanas ternyata bisa diolah dan dikonsumsi. Bahkan, manfaatnya sangat luar biasa bagi kesehatan. Penasaran bagaimana acara mengolah kulit nanas? Simak ulasannya di bawah ini.

Cukup Satu Sendok, Plak Membandel Hilang dalam 10 Hari

Dikutip dari Healthy Food team, nanas sendiri kaya akan vitamin C dan mangan. Dan juga sumber yang sangat baik dari serat makanan dan enzim bromelain.

Mangan penting untuk daya tahan tubuh, karena berfungsi sebagai antioksidan. Nanas juga kaya tiamin dan vitamin B, yang baik untuk meningkatkan energi.

Nanas juga sangat ideal untuk diet yang sedang Anda lakukan, karena tidak memiliki kolesterol, lemak dan rendah sodium. Secangkir jus nanas mengandung hanya 82 kalori saja.

Beberapa manfaat kesehatan nanas di antaranya:

Anti-inflamasi

Nanas adalah satu-satunya sumber makanan dari bromelain. Dan bukan hanya buahnya saja, tetapi kulitnya juga kaya akan enzim ini. Karena sifat anti-inflamasi, bromelain berguna dalam mengobati cedera akibat olahraga dan untuk menghilangkan rasa sakit.

Sifat anti-kanker

Bromelain memiliki potensi untuk bekerja sebagai agen untuk berhasil melawan kanker, dalam studi terbaru. Nanas bekerja sama seperti kemoterapi, yaitu menekan pertumbuhan sel kanker. Juga, mengandung beta-karoten, yang melindungi dari prostat dan kanker usus besar.

Manfaat bagi jantung

Vitamin C dalam nanas  melindungi kita terhadap penyakit jantung. Sejumlah penelitian dari Finlandia dan China menunjukkan bahwa, vitamin C dalam jumlah tinggi menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Pencegahan katarak

Vitamin C juga memiliki peran penting dalam perlindungan mata. Asupan tinggi dari vitamin C mengurangi risiko katarak, yang ada dalam penelitian terbaru.

Kesuburan

Nanas penuh dengan mineral dan vitamin, termasuk vitamin C, tembaga, beta karoten, asam folat dan seng. Vitamin ini akan meningkatkan kesuburan pada wanita dan laki-laki.

Untuk membuat jus nanas yang terbuat dari kulit dan buahnya, adalah sebagai berikut:

Bahan yang dibutuhkan:
• Air 1 liter yang disaring
• 1 butir nanas dengan kulitnyanya
• Pemanis untuk rasa

Persiapan:

• Pertama, kupas nanas lalu pisahkan dengan kulitnya. Cuci kulit nanas dengan baik. Dan buahnya haluskan dengan blender.
• Rebus kulit nanas untuk menghilangkan getahnya, dengan satu liter air lalu tambahkan jus nanas. Anda dapat menambahkan pemanis untuk rasa yang lebih baik.
• Angkat dan matikan kompor saat ramuan sudah mendidih. Saring, dinginkan dan konsumsi.

Lebih dari 50 Tahun Cara Ini Ampuh Usir Nyamuk

Jangan terlalu sering mengonsumsi jus nanas beserta kulitnya, terutama bagi Anda yang memiliki masalah lambung. Rasakan manfaatnya yang sangat ajaib.

foto: healthylifedeals.com

Related Posts

0 comments:

Post a Comment