6 Alasan Kimchi Baik untuk Tubuh, Terutama untuk Detoksifikasi

shares

Kimchi. Foto
Salah satu makanan yang cukup populer di dunia berasal dari Korea Selatan, yang beriringan dengan populernya K-Pop dan juga sinetronnya. Banyak makanan yang berasal dari negeri ginseng ini, diburu oleh para pecinta kuliner.

Bukan tanpa alasan, banyak makanan yang cukup khas dan tidak akan ditemukan di mana pun salah satunya adalah kimchi. Kimchee, gimchi, atau kimchi adalah salah satu makanan probiotik yang dihasilkan dari fermentasi.

Bahkan, makanan yang satu ini adalah menjadi salah satu makanan pokok di Korea. Ada banyak cara untuk membuat kimchi, tetapi mereka memiliki rasa yang sama demikian juga khasiatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat makanan yang satu ini adalah: saus cabai, mentimun, lobak, sawi putih, daun bawang, merica bubuk merah, jahe, dan bawang putih.

Selain rasanya yang pedas, berikut ini adalah enam manfaat kimchi bagi tubuh yang kami kutip dari stethnews.com:

1. Pencernaan: Kimchi sangat baik bagi pencernaan karena memiliki probiotik alami, yang dihasilkan dari fermentasi. Fermentasi menciptakan bakteri baik yang dikenal sebagai lactobacillus, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan keadaan sehat flora usus.

2. Detoksifikasi: Bahan utama dalam kimchi adalah kubis, yang cukup diakui sebagai detoksifikasi. Makan kimchi dapat membantu menyingkirkan racun dan limbah dari tubuh.

3. Gerakan usus: Kimchi kaya akan serat, yang membantu membuat gerakan usus menjadi sehat. Konsumsi rutin kimchi dapat membantu menghambat sembelit.

4. Tingkat Kolesterol: Makan kimchi dapat memiliki efek menguntungkan pada kolesterol Anda. Makanan Korea ini mengandung banyak rempah-rempah yang sehat, termasuk bawang putih, yang memiliki allicin dan selenium. Allicin adalah komponen yang dikenal untuk kemampuan penurun kolesterol. Teratur makan kimchi dapat membantu mengurangi gangguan jantung, termasuk serangan jantung dan stroke.

5. Kerusakan Anti-oksidatif: Kimchi juga memiliki antioksidan  alami yang akan menyingkirkan radikal bebas.

6. Kulit sehat: Bakteri ditemukan dalam kimchi tidak hanya bermanfaat untuk usus, tetapi juga untuk kulit. Bakteri Lactobacillus dapat membantu mencegah masalah kulit.

Kimchi tinggi serat dan rendah lemak, sehingga lebih dari sekedar lauk untuk makan di Korea.

Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment