Bulan Menabrak Bumi, Planet Biru Akan Jadi Bola Magma

shares

Bulan dan bumi. Foto
Bulan adalah satu-satunya satelit alami yang dimiliki oleh bumi. Bulan berputar mengelilingi bumi dalam waktu yang konstan, meskipun menjauh dari Bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 sentimeter per tahun.

Bulan juga telah banyak dikaitkan dengan beragam mitos, yang ada di bumi ini sejak zaman dahulu. Apalagi saat fenomena yang melibatkan bulan terjadi, seperti bulan purnama, gerhana bulan, dan lainnya.

Namun para ahli percaya, jika di masa depan menjauhnya bulan bisa berubah. Dan bulan berada di jalur di mana akan terjadi tabrakan dengan bumi. Namun kapan perkiraan ilmuwan ini akan terjadi? Berikut ulasannya.

Jika bulan dan Bumi bertabrakan, energi yang dilepaskan dalam penggabungan akan meleleh Bumi menjadi lautan magma. Untungnya, peristiwa bencana ini diperkirakan akan terjadi dalam 65 miliar tahun kedepan.

Prediksi ini berasal dari Dr Jason Barnes, seorang ilmuwan planet di University of Idaho. Bulan pertama terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, dan telah perlahan-lahan bergerak menjauh dari Bumi sejak saat itu.

Bulan megorbit dikarenakan gaya gravitasi bumi, tetapi pada saat yang sama, bulan juga memberikan gaya gravitasinya kepada Bumi, yang menyebabkan pergerakan lautan dan membentuk pasang surut.

Dr Barnes menunjukkan bahwa rotasi bumi suatu satu hari akan melambat, sama dengan periode orbit bulan. Pada saat itu bulan akan berhenti bergerak ke arah luar.

Sementara itu, dalam enam miliar tahun, matahari akan melalui fase 'raksasa merah', ketika kehabisan bahan bakar nuklir, dan intinya menjadi putih kecil sisa yang terbakar habis. Hal ini akan menyebabkan bulan 'berjalan' menuju Bumi.

"Energi yang dilepaskan dalam penggabungan ini akan kembali mencairkan Bumi menjadi lautan magma," ucap Dr Barnes dikutip dari Daily Mail

Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment