Perhatikan Stroberi di Piring Ini, Warna Apa yang Anda Lihat?

shares

Stroberi di atas piring. Foto: dailymail.co.uk
Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan perdebatan sebuah gaun, di mana netizen diharuskan menebak warna apa yang gaun tersebut. Semenjak postingan tersebut, sudah tidak terhitung berapa ilusi optik yang membingungkan netizen.

Selain itu, ada juga gambar tebak-tebakan yang cukup membingungkan netizen. Di mana hanya mereka yang bermata jeli, yang bisa membedakan dan menemukan keanehan di antara deretan bentuk dan warna.

Namun tren tersebut tidak berakhir begitu saja, dan semakin banyak saja. Kali ini muncul sebuah gambar, di mana ada beberapa buah stroberi di atas piring. Dan Anda harus menebak warna apa pada stroberi tersebut.

Gambar yang diposting oleh psikolog asal Jepang, Akiyoshi Kitaoka di Twitter, telah membuat banyak perdebatan di kalangan netizen.

Ia menanyakan, apa warna stroberi yang Anda lihat di atas piring tersebut? Banyak yang mengatakan jika warna tersebut adaleh merah, tetapi ternyata tidaak demikian.

Pada kenyataannya, stroberi di atas piring ini tidak memiliki piksel warna merah sama sekali. Dan ini bisa dikarenakan oleh ilusi optik pada mata, jelasnya.

"Ilusi dari stroberi dengan metode dua warna. Meskipun gambar ini semua terbuat dari piksel warna cyan (biru dan hijau), yang membuatnya tampak merah," tulis Prof Kitaoka di Twitter.

Ahli persepsi visual dari National Eye Institute, Bevil Conway, menggambarkan jika gambar yang membingungkan tersebut sebagai contoh dari otak yang 'mengoreksi warna dunia' ketika disaring melalui cahaya yang berbeda.

Jadi, sebenarnya tidak ada sumber warna merah di dalam gambar tersebut. Dan itu hanya otak kita yang menerjemahkannya menjadi merah. Apakah tebakan Anda juga salah?

Related Posts

0 comments:

Post a Comment