Tidur Siang Mampu Pertajam Otak, Berapa Waktu yang Ideal?

shares

Tidur siang. Foto: stethnews.com
Ketika efek dari kopi pagi telah memudar, kita mulai merasakan mengantuk. Jika dipaksakan terus terjaga, bisa mengganggu pekerjaan dan segala yang kita lakukan bisa berjalan dengan tidak lancar.

Salah satu menghilangkan rasa kantuk ini adalah dengan tidur siang. Studi terbaru menunjukkan bahwa, orang dewasa harus tidur siang agar bisa pikiran bisa kembali segar dan pikiran pun tenang.

Temuan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatrics Society. Ada hampir 3.000 peserta dari China, yang disurvei mengenai kebiasaan mereka saat tidur siang. Demikian juga dengan data tentang fungsi kognitif mereka.

Dikutip dari stethnews.com, menurut penelitian, mereka yang tidur selama satu jam atau kurang setelah makan siang menunjukkan bahwa, mereka memiliki kognisi yang lebih baik. Hasilnya berbeda dengan mereka yang tidak tidur siang, serta yang tidur siang lebih dari 90 menit atau kurang dari 30 menit.

Studi ini menunjukkan bahwa, tidur siang satu jam dapat mengoptimalkan kognisi pada orang dewasa, terutama yang lebih tua.

Tidur siang dan Kesehatan Otak

Penelitian yang disebutkan di atas adalah bukan yang pertama untuk membuktikan bahwa tidur siang memiliki efek positif, pada kesehatan mental dan bahkan kesejahteraan kita. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa, tidur siang dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif.

Selain itu, ini dia bukti manfaat dari tidur siang:

1. Meningkatkan Daya Ingat

Satu studi menunjukkan bahwa, mereka yang rutin tidur siang memiliki kinerja yang lebih baik, terbukti dengan dilakukannya tes kognitif dan tingkat memori.

2. Tekanan Darah rendah

Menurut sebuah studi, yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology, ditemukan bahwa mengambil tidur siang dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit koroner hingga 37 persen. Hal ini bisa disebabkan oleh stres kardiovaskular lebih rendah, yang biasanya dikaitkan dengan tidur siang hari.

3. Emosi Lebih Tenang

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Berkeley menunjukkan bahwa, tidur siang selama satu jam dapat membuat Anda tenang. Para peserta dalam studi tertentu menunjukkan gambar di mana wajah mengungkapkan rasa takut, kebahagiaan, dan kemarahan.

Nah, jangan sia-siakan hidup Anda ya. Tidur siang secara rutin ternyata bisa bermanfaat.

Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment