Wortel Hitam dan Ungu Jadi Tren, Ini Manfaat Menakjubkannya

shares

Wortel ungu gantikan populasritas wrtell oranye. Foto: dailymail.co.uk
Wortel adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya dipercaya bisa memperbaiki fungsi penglihatan. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam wortel ini, menjadi salah satu alasannya.

Sayuran yang biasa kita konsumsi ini biasanya berwarna oranye cerah. Tapi kini, ada jenis lain dari wortel di mana warnanya bukan hanya oranye, tetapi berwarna lebih gelap yaitu hitam dan ungu.

Cukup aneh saat pertama kali kita melihat varietas wortel yang satu ini, tapi siapa sangka jika di balik warnanya tersebut memiliki manfaat yang lebih unggul. Apa saja manfaat wortel yang satu ini?

wortel dengan warna yang lebih gelap ini semakin sering dijual di pedagang dan restoran di seluruh dunia, dan menjadi bagian dari makanan sehat penuh warna.

Warna gelap dalam wortel ini karena antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu menangkal kanker, mengurangi kolesterol dan menjaga jantung Anda tetap sehat.

Luke Caddel, dari perusahaan makanan Fine Food Specialist, mengatakan jika varietas ungu tua sekarang bahkan lebih populer daripada wortel oranye.

"Penjualan wortel hitam dan ungu naik sebesar 40 persen tahun lalu. Saya pikir orang lebih terbuka untuk bahan-bahan makanan baru dan sehat. Serta dapat menangkal penyakit, dan rasanya lebih manis dengan tekstur yang sedikit berbeda," ucap Luke di kutip dari Daily Mail.

Dr Charlotte Allender, dari Unit Genetika Sumber Daya di Universitas Warwick, mengatakan jika wortel ini menjadi yang pertama di dunia. Meskipun beta karotennya lebih sedikit, namun antioksidannya lebih unggul dibandingkan jeruk.

Ahli makanan Jane Milton juga menjelaskan tentang wortel berwarna gelap. Dia mengatakan: "buah-buahan dan sayuran gelap penuh antosianin, yang merupakan antioksidan kuat."

Bagaimana dengan Anda? Siap beralih ke wortel yang satu ini.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment