Ditemukan Batu Giok 8,7 Ton, Angkatan Darat Sampai Turun Tangan

shares

Batu giok besar. Foto: dailymail.co.uk
Di Indonesia beberapa waktu lalu heboh dengan jual beli batu hias, yang diantaranya memiliki harga fantastis. Banyak jenis batu yang banyak dicari untuk dijadikan perhiasan, salah satunya adalah batu giok.

Batu berwarna hijau terang ini dipercaya bisa membawa kebaikan bagi pemiliknya, maka tidak heran jika harganya cukup tinggi. Bahkan, pernah ditemukan batu giok terbesar yang pernah ada di Indonesia mesekipun sempat menjadi perebutan.

Kini muncul lagi batu giok yang diduga terbesar di dunia, dengan berat sekitar 8,7 ton. Bahkan untuk mengamankan batu berharga ukuran besar ini, Angkatan Darat sampai turun tangan. Lantas berapa harga batu giok ini?

Sebuah perusahaan pertambangan di Birma memanggil tentara, setelah 10.000 'pemulung' dituduh mencoba mencuri batu giok besar yang berhasil ditemukan.

Pengolahan batu giok di Birma.
Polisi juga memburu lima orang yang menemukan batu seberat 8,7 ton di sebuah tambang di utara Burma, setelah seorang pejabat senior mengklaim mereka akan merebutnya dari tanah tersebut.

Para penambang menemukan blok batu giok ini pada minggu lalu di sebuah tambang di Hpakant di Negara Bagian Kachin, di mana mereka biasanya bekerja pada malam hari dengan memilah-milah potongan-potongan yang ditinggalkan pemiliknya.

Mereka kemudian kembali dengan sekitar 10.000 'pemulung batu giok' lainnya, dan mencoba memindahkan batu besar itu ke kompleks sekolah terdekat, namun dihentikan oleh perusahaan yang memiliki tambang tersebut, Taut Pa Kyal.

"Ketika para pekerja menemukan batu giok itu, banyak orang datang ke daerah itu ... banyak pekerja ilegal dan banyak orang kaya yang ingin membeli batu itu," kata pekerja bantuan lokal Dashi Naw Lawn dikutip dari Daily Mail.

Batu giok ini diperkirkan memiliki harga hingga puluhan miliar jika sudh dibentuk menjadi beragam perhiasan.
Loading...

Related Posts

1 comments

  1. kenapa harus marahin orang untuk mematikan adblocker nya sih?

    ReplyDelete