Rasakan Manfaat Menakjubkan dalam Segelas Air Daun Ketumbar

shares

Air daun ketumbar. Foto: boldsky.com
Sepintas Anda pasti berpikir jika jus di atas terbuat dari seledri atau peterseli, karena memang antara daun ketumbar, seledri dan peterseli tidak jauh berbeda, demikian juga dengan warnanya yang cenderung hijau gelap.

Ketumbar juga masuk ke dalam keluarga keluarga wortel. Tanaman ini tumbuh sampai tinggi 50 sentimeter, dan memiliki daun hijau tua yang tidak berbulu. Semua bagian tanaman bisa dimakan, yang juga memiliki beragam manfaatbagi kesehatan.

Daun ini memiliki sebelas komponen minyak esensial, enam jenis asam (termasuk asam askorbat, lebih dikenal dengan vitamin C), mineral dan vitamin, masing-masing memiliki sejumlah khasiat bermanfaat. Lantas apa manfaat dari jus daun ketumbar?

Ketumbar atau daun ketumbar digunakan secara global sebagai bahan makanan, dan mengomsumsi segelas air daun ketumbar ini sehari-hari, dapat memberi keajaiban bagi kesehatan Anda.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil beberapa genggam daun ketumbar. Cuci bersih. Potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam wadah dan tuangkan air minum. Rebus selama 10 menit. Lalu dinginkan. Tambahkan sedikit air kapur untuk mengurangi rasa yang tajam.

Dikutip boldsky.com, setidaknya ada 10 manfaat kesehatan dari air daun ketumbar ini.

1. Manfaat Dermatologis:
Jus ketumbar memiliki manfaat luar biasa bagi kulit. Mencegah gangguan kulit seperti eksim, kekeringan dan infeksi jamur. Minuman ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mengatasi banyak masalah dermatologis.

2. Manfaat Kardiovaskular:
Terdapat sejumlah minyak esensial. Minyak ini membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik. Hal ini memperbaiki fungsi jantung pada khususnya, dan sistem kardiovaskular pada umumnya.

3. Anemia
Minuman daun ketumbar ini kaya akan zat besi dan merupakan komponen penting hemoglobin. Senyawa ini bertanggung jawab untuk meningkatkan daya dukung oksigen darah dan dengan demikian membantu mengobati anemia.

4. Menurunkan Tekanan Darah
Air daun ketumbar memiliki jumlah mineral yang cukup banyak seperti magnesium, kalsium dan potassium. Kandungan sodiumnya rendah. Rasio kalium tinggi terhadap sodium rendah sangat penting dalam menurunkan tekanan darah tubuh. Dengan demikian, air daun ketumbar membantu mengatasi tekanan darah.

5. Sumber Antioksidan
Daun ketumbar adalah pembangkit tenaga antioksidan. Antioksidan ini mencegah molekul lain teroksidasi sehingga mencegah banyak penyakit. Anti oksidan juga telah ditemukan untuk mencegah penyakit seperti penyakit Alzheimer.

6. Manfaat Gastrointestinal
Konsumsi air daun ketumbar meningkatkan pencernaan dengan membantu produksi enzim pencernaan. Dengan demikian mencegah munculnya penyakit seperti gangguan pencernaan dan perut kembung.

7. Tulang Lebih Kuat
Air daun ketumbar mengandung mineral seperti kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Ini membantu pertumbuhan kembali tulang dan membantu melawan penyakit yang berhubungan dengan tulang seperti osteoporosis.

8. Kesehatan Mulut
Minyak atsiri yang ada dalam daun ketumbar memiliki sifat anti-septik yang membantu menenangkan ulkus mulut yang menyakitkan. Selain itu, daun ketumbar memiliki sifat anti mikroba yang membantu menjaga mulut Anda tetap bersih. Sebenarnya, ini adalah obat yang efektif untuk menghilangkan bau mulut dan bisa dianggap sebagai pengharum mulut.

9. Berat Badan
Konsumsi air daun ketumbar di pagi hari bisa memberikan manfaat bagi metabolisme. Ini juga membuat Anda tetap kenyanglebih lama, sehingga membantu penurunan berat badan.

10. Keseimbangan Hormon
Minyak esensial yang hadir dalam daun ketumbar penting untuk menjaga keseimbangan hormon. Konsumsi rutin minuman ini akan melawan masalah haid.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment