Kopi Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Hati Mematikan, Sirosis

shares

Ilustrasi hati. Foto: dailymail.co.uk
Setiap hari, organ hati kita bekerja tanpa henti untuk menyaring racun dan hasil metabolisme lainnya dari darah. Hal ini membuat hati memiliki risiko tinggi terkena berbagai penyakit yang mematikan, salah satunya sirosis.

Sirosis ini disebabkan oleh kerusakan hati dalam jangka panjang. Setiap tahunnya penderita sirosis semakin meningkat. Selain itu, hati juga bisa terkena beberapa penyakit lainnya seperti berlemak non-alkohol dan hepatitis.

Gangguan dan penyakit seperti ini bisa terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat, sehingga banyak pasien sering didesak untuk menerapkan diet sehat untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Namun tahukah Anda jika kopi bisa mengatasinya? Tapi jangan sampai salah.

Dikutip dari Daily Mail, peneliti mengungkapkan, jika minum empat cangkir kopi sehari sudah cukup untuk mencegah penyakit mematikan hati seperti disebutkan di atas.

Selain kopi, satu cangkir teh herbal memiliki manfaat yang sama. Kedua minuman tersebut membantu menghentikan jaringan parut hati yang menyebabkan sirosis--yang bisa berakibat fatal, menurut para ilmuwan Belanda.

Karena telah menjadi minuman populer di seluruh dunia, para ahli mengatakan bahwa keduanya sangat penting untuk dikonsumsi.

Mekanisme pastinya belum diketahui, namun diperkirakan senyawa anti-oksidan keduanya mengalir ke dalam aliran darah hingga mencapai hati.

Periset dari Pusat Kesehatan Universitas Erasmus di Belanda, telah mengumpulkan data dari 2.424 peserta untuk penelitian ini.

Pemimpin penelitian ini, Dr Sarwa Darwish Murad berkata: "Kopi telah terbukti berbanding terbalik dengan angka kematian pada populasi umum. Kami penasaran untuk mengetahui apakah konsumsi kopi memiliki efek yang sama terhadap pengukuran kekakuan hati."

Apa yang mereka temukan?

Para periset menemukan bahwa konsumsi kopi dan juga teh herbal bisa menurunkan kekakuan organ hati. Tapi, masih diperlukan lebih banyak penelitian.

Aman minum 4 gelas sehari

Temuan ini muncul setelah ilmuwan menemukan minum empat cangkir kopi setiap hari, tidak akan merusak kesehatan seseorang. Peneliti International Life Sciences Institute mengkaji lebih dari 740 studi, tentang efek kafein pada manusia.

Mereka menemukan, mengkonsumsi 400 miligram kafein--setara dengan empat cangkir kopi--aman untuk orang dewasa. Asalkan satu, jangan menambahkan gula ke dalam kopi yang akan Anda konsumsi.


Related Posts

0 comments:

Post a Comment