Cara Mudah Membersihkan Sistem Limfatik yang Tersumbat

shares

Sistem limfatik. Foto: boldsky.com
Sangat penting untuk menyingkirkan limbah beracun, yang terakumulasi di dalam tubuh. Tubuh manusia terdiri dari banyak sistem, organ dan kelenjar yang akan memastikan racun meninggalkan dari tubuh dengan alami.

Sayangnya, banyak dari sistem dalam tubuh ini mengalami penyumbatan dan terkadang berhenti berfungsi. Salah satu sistem utama yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun, tapi tidak berfungsi dengan baik pada banyak orang, adalah sistem limfatik.

Sistem limfatik adalah bagian dari sistem peredaran darah, dan merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Sistem ini terdiri dari kelenjar, kelenjar getah bening, limpa, kelenjar timus dan amandel.

Kelenjar getah bening memiliki beberapa fungsi yang saling terkait, seperti mengeluarkan cairan interstisial dari jaringan. Sistem getah bening menyerap dan mengangkut asam lemak dan lemak, sebagai chyle dari sistem pencernaan.

Sistem limfatik mengangkut sel darah putih ke dan dari kelenjar getah bening ke tulang. Kali ini kami akan memberikan beberapa tip untuk membersihkan sistem limfatik, yang dikutip dari Boldsky.com:

1. Olahraga, dikenal sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan fungsi sistem limfatik. Tapi Anda tidak perlu melakukan latihan yang keras, cukup olahraga intensitas ringan seperti berjalan kaki.

2. Pijat, adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan racun dari sistem limfatik. Terapi pijat dapat merangsang sirkulasi di kelenjar getah bening dan bisa menguras lemak, racun dan cairan dari sel. Cara ini cukup efektif.

3. Mandi panas dan dingin, air panas bisa melebarkan pembuluh darah dan air dingin bisa mengerutkannya. Hal ini dapat menciptakan aksi pemompaan yang memaksa cairan keluar dan tinggal di tubuh dalam jangka waktu yang lama. Guyur badan dengan air hangat lalu gunakan air dingin, lakukan beberapa kali saja.

4. Minum air putih: Dianjurkan untuk minum sampai 3 liter air per hari. Anda juga bisa minum beberapa gelas air lemon juga.

5. Hindari pakaian ketat: Mengenakan pakaian ketat bisa mengurangi sirkulasi darah, termasuk juga sistem limfatik. Ini karena pakaian ketat bisa menyebabkan penyumbatan pada sistem getah bening, yang bisa mengakibatkan akumulasi racun.

6. Bernapaslah dengan sangat dalam: Tindakan pemompaan pernapasan dalam akan membantu sistem limfatik untuk mengangkut racun ke dalam darah, yang kemudian akan didetoksifikasi di hati.

7. Makan makanan sehat: Mengkonsumsi makanan kaya nutrisi seperti sayuran berdaun hijau, biji rami, biji chia, alpukat, dan sebagainya, membantu dalam memudahkan aliran getah bening yang sehat ke dalam tubuh.

8. Hindari makanan penyebab penyumbatan: Hindari makanan seperti pemanis buatan, makanan olahan, garam meja, dan lain-lain. Hal ini diketahui dapat memicu terbentuknya penyumbatan pada pembuluh darah.

9. Gunakan bahan herbal: Herbal sangat membantu sistem limfatik. Anda bisa menyiapkan teh dengan ramuan seperti daun ketumbar, peterseli, echinacea, dan lain-lain, yang dapat secara efektif membersihkan dan melepaskan sistem limfatik.

Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment