Viral, Ada Cacing Memiliki Kepala Mirip Martil

shares

Cacing kepala martil.
Cacing bukan hewan yang asing bagi kita. Di mana pun ada tanah, kemungkinan besar di sana ada cacing. Bahkan cacing bisa menjadi parasit di dalam tubuh, yang menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Hewan yang satu ini biasanya memiliki bentuk panjang dn elastis, dan tidak memeiliki 'wajah' layaknya hewan lainnya. Tapi sebuah video beredar di sosial media, yang menunjukkan seekor cacing sedang 'berjalan' dan memiliki kepala berbentuk martil.

Video yang diunggah oleh seseorang ini bahkan telah dilihat lebih dari sepuluh juta kali. Lantas cacing jenis apakah itu? Dan bagaimana videonya? Simak untuk lebih jelasnya di bawah ini.

Ho Denmark saat itu sedang mendaki dengan keluarganya, dan menemukan apa yang dia yakini sebagai seekor ular. Tapi sebenarnya, itu adalah 'cacing martil' (Bipalium), spesies cacing pipih terbesar di dunia.

Makhluk menakutkan ini layaknya berasal dari film fiksi ilmiah. Namun siapa sangka, jika cacing ini dianggap invasif di Amerika Serikat dan Eropa.

Ho dan keluarga yang tinggal di kota Johor Bahru, ibu kota negara bagian Johor selatan, Malaysia, belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya.

Maka tidak heran jika banak netizen juga yang sependapat, sehingga video cacing ini telah dibagikan lebih dari 82.000 kali di Malaysia. Dalam klip itu, Ho berkata: "Macam-macam apa ini?"

Setelah mengunggah video ini di media sosial, dia menerima banyak tanggapan dan komentar, yang memberitahukan kepadanya bahwa dia telah menemukan salah satu spesies planarian paling aneh di dunia.

Cacing martil sebenarnya karnivora, dan menangkap mangsanya menggunakan lendir yang dihasilkannya. Tapi bila tidak ada yang bisa dimakan, cacing martil diketahui akan makan bagian tubuhnya sendiri, bahkan organ reproduksinya.

Makhluk ini juga tidak memiliki sistem pernafasan, tidak ada sistem peredaran darah, tidak ada kerangka, dan mulutnya berfungsi ganda sebagai anus, menurut Australian Geographic .

Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment